Waspadalah! Rumah Bisa Jadi Berbahaya Karena Banyak Racun

waspadalah banyak racun

Racun rumah – Memiliki rumah cantik nan sehat adalah dambaan setiap orang. Rumah selalu digambarkan sebagai tempat teraman dan ternyaman untuk melakukan beragam aktivitas. Seseorang bisa lebih relaks, menjadi diri sendiri hingga menemukan inspirasi ketika berada di rumahnya. Semua hal indah dan hangat tersebut hanya akan tercapai jika rumah bebas racun atau tergolong dalam kategori rumah sehat.

Pertanyaannya kemudian, apakah rumah Anda sudah sehat? Definisi rumah sehat tentu sangat umum dan meluas. Tapi pada intinya rumah yang sehat ialah membebaskan seluruh penghuninya dari penyakit berbahaya. Penyakit tersebut bisa datang dari binatang atau zat kimia yang bersemayam di dalam rumah. Untuk itu ada baiknya Anda mengenali dan tahu cara membasmi racun rumah agar aman dan menyehatkan untuk ditinggali.

Kenali dan Deteksi Sumber Racun Rumah Anda

Jika diartikan secara umum racun adalah substansi non-organik atau organik yang berwujud gas, cair atau padat yang keberadaannya mengganggu kesehatan manusia. Gangguannya mulai dari gejala ringan seperti pusing atau sesak napas hingga penyakit kronis semacam kanker.

Di rumah keberadaan racun memang jarang yang memiliki efek langsung. Namun, seiring waktu racun rumah menggerogoti kesehatan penghuninya secara tak sadar. Berikut sejumlah racun rumah yang wajib Anda tahu dan deteksi sedini mungkin.

Jamur

Racun ini cukup umum dan biasanya terjadi di lingkungan atau tempat-tempat lembab. Keberadaan jamur bukan hanya mengganggu kesehatan, namun juga merusak bangunan jika dibiarkan begitu saja. Deteksi keberadaannya dengan mengawasi sejumlah spot lembab dirumah seperti kamar mandi atau tempat yang dekat dengan tetesan air.

Jamur identik dengan bau basah yang berlangsung kontinyu dan biasanya berwarna hijau, hitam atau putih. Jika jumlahnya sedikit bisa dibasmi dengan pemutih atau obat jamur yang aman dan dijual dipasaran.

Asbes

Material ini pernah populer penggunaannya di tahun 1920 hingga 1970. Namun, perlahan asbes mulai ditinggalkan untuk kosntruksi pada bangunan atau rumah karena memiliki serat berbahaya yang memicu kanker paru-paru.

Bila Anda membeli rumah lama disarankan untuk mendeteksi keberadaan material ini dan segera menyingkirkannya. Rumah tua sangat berpotensi masih menggunakan asbes untuk bangunannya.

Radon

Ini merupakan gas kasat mata yang dapat menyebabkan kanker paru-paru. Keberadaannya bahkan tak berbau dan terasa sehingga tanpa sadar terhirup setiap hari. Dalam ruangan ber-AC yang tertutup konsentrasi gas ini lebih tinggi dibanding sirkulasi udara alami yang terbuka.

Selain itu radon bisa juga disebabkan batuan, air dan tanah di sekitar yang mengalami perubahan karena dipengaruhi material bangunan. Batu bata, beton hingga bahan tambang juga bisa meningkatkan radiasi radon ke udara bebas. Radon bisa dideteksi dengan alat dan dapat mengurangi konsentrasinya sistem ventilasi yang baik.

Pembasmi, Pembersih dan Pewangi

Meski kerap disebut obat, pembasmi nyamuk atau serangga dalam rumah merupakan pestisida berbahan kimia yang beracun dan bahaya jika terhirup. Dibakar, dioles maupun disemprot pembasmi nyamuk dan serangga beresiko kanker dan merusak otak anak.

Begitu pula dengan pembersih perabotan atau peralatan rumah tangga. Pembersih yang beredar dipasaran umumnya mengandung banyak senyawa kimia berbahaya yang dapat membuat kulit iritasi, sesak napas hingga kanker. Hal serupa juga berlaku pada pewangi ruangan. Meski mengharumkan namun senyawa yang dipendarkan ke udara meningkatkan resiko kanker di masa mendatang.

Selain yang disebutkan diatas sumber racun dalam rumah juga bisa bersembunyi pada cat, furniture seperti bantalan sofa, coating logam dan sebagainya. Semua material penting dalam rumah tersebut juga berpotensi mengandung senyawa yang menyebabkan masalah kesehatan. Sangat disarankan Anda membaca detail pentunjuk baik penggunaan pada label manufaktur.

Namun yang paling baik ialah membeli furniture, dekorasi dan perabotan yang diproduksi alami serta bebas polusi zat kimia. Termasuk teliti dalam memilih produk pembersih dan pewangi yang sesuai dan menyehatkan. Kualitas udara dan sirkulasi yang baik juga perlu jadi bahan pertimbangan untuk rumah sehat. Jadi tunggu apa lagi, segeralah bertindak dan kurangi racun rumah untuk menjaga kesehatan orang-orang yang Anda cintai.

Facebook Comments
313 queries in 1.619 seconds.