Tips Mempercantik Pintu Masuk Rumah Anda

tips mempercantik pintu masuk rumah

Pintu masuk rumah – Ketika Anda mendesain sebuah rumah idaman jangan lupakan untuk mempercantik pintu masuknya. Sebuah rumah akan terasa lengkap jika nilai estetika bisa dirasakan baik dari luar maupun dari dalam. Anda bisa menggunakan beragam perabotan dan furniture unik untuk mencipatakn tampilan wow.

Pintu masuk sendiri memiliki peran penting untuk memberikan citra tertentu pada rumah secara keseluruhan. Orang atau tamu biasanya akan memberikan kesan pertama lewat pintu masuk. Bila pintu masuknya sudah menarik pasti jadi penasaran seperti apa desain interior di dalamnya. Itulah mengapa Anda perlu memperhatikan penampilan pintu masuk rumah agar memberikan kesan pertama yang kuat dan positif.

Pertanyaannya kemudian, bagaimanakah cara mempercantik pintu masuk rumah? Untuk mendapatkan jawabannya simak langkah-langkah menarik berikut ini.

Gunakan Warna Cerah

Cara paling mudah menciptakan daya tarik dan mempercantik pintu rumah ialah mengganti warnanya. Pakailah warna-warna cerah seperti kuning, merah, putih, biru dan sebagainya. Pemakaian dan pemilihan warna yang tepat dapat membangun suasana tertentu.

Jauh lebih baik jika Anda memahami makna warna agar kesan yang diharapkan benar-benar bisa tercapai. Selain itu, pemilihan warna usahakan masih selaras dengan warna dinding rumah dan eksterior di luarnya. Kecuali jika anda menerapkan konsep bertabrakan seperti gaya eklektik. Namun usahakan ada satu elemen penghubung yang membuat pintu tampak indah dan sedap dipandang.

Pasang Lampu Dinding

Layaknya sebuah pencahayaan, lampu di dinding dapat memperindah pintu ketika malam tiba. Sorotan lampu dan tata letaknya dapat memberikan kesan manis, romantis, mewah dan sebagainya pada pintu masuk rumah. Tak hanya itu, ketika siang hari lampu dinding bisa jadi aksesoris yang atraktif dan membuat pintu tak tampak kosong.

Tampilan Nomor Rumah

Nomor rumah biasanya dipasang di dinding pintu pagar. Jika tak memiliki pagar atau ingin cara lain bisa menampilkan nomor rumah di dekat pintu masuk. Nomor rumah bisa jadi aksesoris manis untuk mempercantik pintu. Desain nomor rumah bisa dipilih dan dibuat sesuai selera.

Sangat dianjurkan desainnya masih selaras dengan konsep pintu rumah Anda. Misalnya jika pintu bergaya klasik bisa mencoba menggunakan nomor rumah dengan desain yang berbahan kayu. Secara keseluruhan pemasangan nomor rumah sangat penting untuk memudahkan tamu atau pak pos menemukan alamat rumah Anda.

Ketukan atau Bel Pintu

Dua benda ini juga bisa jadi aksesoris menarik jika ditempelkan di pintu masuk atau samping pintu masuk. Ketukan pintu cenderung lebih klasik dan tampak artistik jika menempel di pintu. Desainnya beragam baik jenis maupun dari segi ukuran. Anda dapat mencoba memilihnya untuk mendekorasi pintu masuk. Bel pintu juga memiliki banyak variasi. Tidak melulu berbentuk kotak, bel pintu pun bisa terpasang manis di dekat pintu rumah.

Tanaman atau Pohon Hias

Selain sebagai penghias, tanaman dan pohon juga memberikan kesan segar dan nyaman. Tanaman dan pohon memang sudah lama banyak digunakan untuk menghias pintu masuk rumah. Hingga kini kegunaannya tak lekang waktu dan tetap indah dipandang. Atur tata letaknya semenarik mungkin. Misalnya memposisikan tanaman atau pohon hias di sisi kanan kiri pintu.

Tanaman hias juga bisa didesain merambat atau menggantung. Penerapan ini biasanya diimbangi dengan tanaman tropis sejenis yang menghiasi halaman depan pintu masuk. Adanya banyak tanaman menambah kesejukan rumah dari sisi luar.

Bangku

Perabotan ini bukan hal yang wajib, namun keberadaanya dapat menambah daya tarik berbeda pada pintu masuk rumah. Bangku membuat pintu rumah lebih berkesan fleksibel dan dinamis. Apalagi jika ditambah bantal bermotif menarik.

Demikian cara umum yang kerap digunakan untuk mempercantik pintu masuk rumah. Semoga tips tersebut bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi Anda menghias pintu rumah. Selamat mencoba.

Facebook Comments
311 queries in 1.798 seconds.