Perhatikan 5 Hal Penting Ini untuk Membuat Taman di Rumah ala Desainer

Ingin membuat taman di rumah

Membuat taman di rumah – Hunian rumah idaman biasanya tak akan lengkap tanpa adanya taman. Tak perduli lahan luas atau terbatas, taman umumnya tetap disisipkan untuk menambah pesona rumah. Taman bisa diletakkan di pekarangan depan rumah, halaman belakang atau di tengah bangunan. Tak hanya itu, taman membuat rumah tampak asri, sehat dan masih banyak manfaat lainnya.

Untuk memiliki taman yang cantik, Anda bisa menyewa jasa desainer terbaik dan terpercaya. Tapi bukan berarti Anda tak bisa menciptakannya sendiri. Anda pun dapat berkreasi membuat taman di rumah ala desainer. Nah, sebelum mulai merancangnya ada baiknya Anda memperhatikan 5 hal penting berikut ini:

  1. Tanaman dan Cahaya Matahari

Saat memilih tanaman, Anda perlu memperhatikan kecocokan antara jenis dan kebutuhan akan matahari. Setiap tanaman memiliki karakteristik berbeda. Ada yang butuh dan tahan dengan matahari berintensitas tinggi. Namun ada pula yang sebaliknya. Jangan sampai salah pilih dan jadi membuang-buang uang.

Misalnya saja, rumput sangat membutuhkan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Ia tak dapat tumbuh denga optimal jika kekurangan sinar. Sementara kucai tidak kuat menerima cahaya terlalu tiggi. Tanaman ini lebih pas di taruh di tempat dengan intensitas cahaya rendah.

  1. Mengatur Jarak antar Pohon atau Tanaman

Anda perlu mengatur jarak antar pohon atau tanaman secara tepat. Alasannya agar semua tanaman tercukupi nutrisinya dan tidak berebut. Adanya jarak juga memprkecil resiko kerusakan, karena tanaman atau pohon tidak saling bersinggungan. Anda pun juga jadi mudah membersihkan.

Selain itu, Anda juga perlu mengatur jarak tanaman atau pohon dengan pagar, perkerasan dan benda lain yang mungkin jadi pengganggu. Pohon sebaiknya tidak diletakkan dekat dengan pavement atau perkerasan, karena akarnya bisa merusak ketika tumbuh.

  1. Jangan Lupakan Soal Perawatan dan Waktu

Hal ini jangan sampai terlupakan karena bisa membuat tanaman layu dan mati. Jika Anda cukup sibuk dan tak punya banyak waktu merawat, pilihlah tanaman yang mudah perawatannya. Namun, normalnya tanaman butuh disiram setiap hari, diberi nutrisi dan dibersihkan. Untuk alternatif lain, Anda bisa menyewa jasa pekerja tanaman. Cara ini cukup efektif untuk tetap menjaga kecantikan taman di rumah.

  1. Ingat untuk Menyesuaikan dengan Budget

Aktivitas membuat taman di rumah terbilang sangat seru dan menyenangkan. Hal ini terkadang membuat kita lupa dengan budget yang tersedia. Untuk menghindari budget berlebih, Anda perlu membuat list terlebih dahulu tentang apa saja yang diperlukan. Mulai dari tanaman, alat berkebun hingga perabotan lain yang ingin ditambahkan.

Anda juga perlu memperhitungkan biaya perawatan seperti, pupuk, pembasmi hama dan sebagainya. Jika menyewa jasa pekerja taman, jangan lupa menyiapkan dana untuk biaya perawatan. Umumnya untuk taman berukuran kecil membutuhkan dana ratusan ribu per satu kali perawatan.

  1. Penggunaan Kolam yang Tepat

Membuat taman di rumah identik dengan adanya kolam air mancur, kolam ikan atau kombinasi keduanya. Elemen satu ini bisa memnambah keindahan taman dan membuat suasana lebih fresh. Namun, Anda perlu memperhatikan soal filter air kolam. Banyak orang membuat kesalahan dengan memakai filter yang tidak tepat.

Sesuaikanlah kapasitas daya saring dari filter dengan kapasitas air kolam. Jika tidak pas bisa membuat air cepat kotor. Ini tentu akan sangat merepotkan, karena Anda harus sering membersihkan kolam dan saringan jadi cepat kotor.

Facebook Comments
311 queries in 1.718 seconds.