Informasi Program Satu Juta Rumah Bisa Diakses di Website

Informasi Program Satu Juta Rumah Bisa Diakses di Website

Program Satu Juta Rumah

Program satu juta rumah yang dirancang oleh Presiden Joko Widodo untuk masyarakat kelas menengah ke bawah . Program ini dijalankan oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan focus utama meningkatkan pasokan jumlah rumah murah untuk masyarakat. Hingga saat ini, kekurangan jumlah kebutuhan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) berdasarkan data dari BPS berjumlah 13,5 juta unit dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya yakni rata-rata sekitar 800.000 unit. Sehingga, Program Sejuta Rumah Untuk Rakyat merupakan salah satu terobosan yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi angka kekurangan tersebut. Program ini memang terobosan baru dari pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pemerintah sebelumnya sudah memiliki program serupa tapi belum terintegrasi dan melibatkan banyak stakeholders. Perusahaan Negara yakni Perumnas akan bertindak sebagai pengembang yang membangun unit-unit rumah dalam program satu juta rumah ini. Sementara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bertindak sebagai pengawas program.

Program satu juta rumah ini menyerap dana APBN sebesar Rp8,1 triliun dan dana untuk pengucuran kredit rumah murah ini sebesar Rp 5,4 triliun. Selain bersumber dari APBN, anggaran juga diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 2,5 triliun, Bapertarum Rp 3 triliun, Perumnas Rp1 triliun dan dana yang diserahkan pihak REI untuk membangun sebanyak 600 ribu unit rumah untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah). Dalam Program Sejuta Rumah ini, ada dua jenis perumahan yang akan dibangun, yakni rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yaitu hunian yang memperoleh Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan rumah non-MBR.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengimbau masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang perkembangan Program Sejuta Rumah untuk mengakses website sejutarumah.id. Dalam website tersebut, Anda bisa mencari informasi mengenai lokasi pembangunan sejuta rumah yang telah dan akan dilaksanakan oleh Dirjen Penyediaan Perumahan.

Dalam halaman website tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi tentang latar belakang pelaksanaan program serta berbagai data dan informasi yang diperlukan serta menjadi jawaban berbagai pertanyaan masyarakat akan kelanjutan program tersebut. Selain itu, website tersebut juga juga berisi data tentang lokasi pembangunan rumah dari berbagai provinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua, nama kompleks perumahan serta pengembang berikut lokasi pembangunan dan jumlah unit rumah yang dibangun juga tersedia dengan baik.

Selain itu, juga terdapat informasi mengenai beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi Anda yang yang memerlukan bantuan baik rumah khusus, rusunawa maupun bantuan stimulan perumahan swadaya atau yang lebih dikenal dengan program bedah rumah. Untuk bertanya lebih lanjut tentang program ini, Anda bisa menngirimkan email kepada sejutarumah@pu.go.id dan info@sejutarumah.id.

 

Facebook Comments
313 queries in 2.949 seconds.