Tips Mencari Rumah Subsidi Murah Dalam Program Sejuta Rumah

Program sejuta rumah yang sejak beberapa tahun terakhir ini gencar di bangun pemerintah merupakan salah satu perwujudan komitmen pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) memiliki rumah sendiri yang layak huni. Harga properti yang cenderung selalu naik dari tahun ke tahun tentu saja membuat sebagian masyarakat merasa kesulitan untuk mendapatkan rumah tersebut, bahkan yang sederhana sekalipun. Program sejuta rumah hadir sebagai solusi bagi masyarakat mendapatkan rumah dengan harga yang lumayan terjangkau melalui rumah subsidi murah yang sampai saat ini sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan hingga 30 Desember 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan mencatat pembangunan rumah subsidi murah mencapai 805.169 unit rumah.

Rumah subsidi murah

Rumah subsidi murah menjadi solusi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah via Pixabay.com

Dalam program sejuta rumah ini sendiri, ada dua target utama pembangunan rumah subsidi murah, yaitu yang ditujukan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan non MBR, dengan porsi yang hampir 75% untuk MBR. Diharapkan di tahun-tahun mendatang jumlah rumah subsidi murah yang di bangun untuk MBR akan semakin bertambah, dan untuk ini tentu saja dibutuhkan kerjasama yang terjalin harmonis antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak pengembang, perbankan, perusahaan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), dan masyarakat itu sendiri. Kemudahan untuk mendapatkan rumah subsidi murah ini juga di dukung dengan tersedianya Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), sehingga masyarakat yang berpenghasilan maksimal Rp. 4 juta rupiah bisa mendapatkan rumah yang layak huni untuk tempat tinggal yang nyaman bersama keluarga tercinta.

Namun tentu saja tidak mudah untuk mendapatkan rumah subsidi murah ini, karena hingga saat ini persebaran pembangunan rumah di seluruh kota di Indonesia belumlah merata. Informasi secara detail dan lengkap tentang rumah subsidi murah ini belum bisa didapatkan secara mudah melalui internet, padahal di era pesatnya perkembangan teknologi, media online menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan atau mengakses informasi. Terbatasnya waktu luang yang dimiliki untuk mencari dan menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria memang tidak mudah, di tambah lagi belum banyak informasi tentang rumah subsidi murah di internet sehingga masyarakat harus pandai-pandai mengalokasikan waktunya demi untuk mencari info tentang rumah subsidi murah ini. Berikut tips untuk membantu mencari rumah subsidi murah sehingga masyarakat bisa menghemat waktu dan tenaga serta biaya transportasi hingga seminimal mungkin.

Mencari informasi pengembang properti rumah subsidi murah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya pengembang properti yang mendukung program sejuta rumah. Informasi ini sudah bisa diakses melalui website www.sejutarumah.id, namun tentu saja tidak semua daerah memiliki banyak pilihan pengembang properti yang mendukung program sejuta rumah, namun solusi yang ditawarkan pemerintah melalui program ini di tambah FLPP akan membuat masyarakat memiliki pilihan untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan layak huni. Untuk alasan itulah, penting jika ingin mencari rumah subsidi murah mencari informasi detail pengembang, termasuk rekam jejak atau track record pengembang tersebut agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

Melalui bank-bank yang mendukung program sejuta rumah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)

Selain mencari secara langsung pihak pengembang yang mendukung program ini, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi seputar rumah subsidi murah melalui bank-bank yang ditunjuk pemerintah sebagai partner dalam program ini. Ada banyak bank-bank baik baik nasional maupun bank pembangunan daerah yang di tunjuk pemerintah sebagai bank pelaksana program sejuta rumah ini, dan bank-bank tersebut bisa memberikan referensi bagi masyarakat tentang rumah subsidi murah termasuk di kawasan mana saja akan atau sudah di bangun rumah-rumah ini. Langkah ini bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga, karena biasanya setelah mendapatkan lokasi rumah yang tepat dan sesuai keinginan, masyarakat tetap harus mendatangi bank untuk mengajukan permohonan jika ingin membeli rumah melalui Fasilitas KPR FLPP.

Datang langsung ke pengembang properti yang masuk dalam daftar Program Sejuta Rumah

Jika sudah memiliki referensi pengembang yang membangun rumah subsidi murah tersebut, ada baiknya mendatangi secara langsung pengembang tersebut, selain mengetahui secara jelas lokasi dan spesifikasi rumah yang telah dan akan di bangun, juga akan mendapatkan referensi bank untuk mengajukan permohonan KPR FLPP atau bahkan justru pihak pengembang yang akan membantu mengurus permohonan KPR FLPP sehingga akan lebih mudah dan cepat. Datang secara langsung ke pihak pengembang merupakan solusi yang terbaik karena bisa melihat secara langsung kondisi di lapangan di mana rumah subsidi murah akan atau telah di bangun. Namun, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk berkeliling datang dan melihat-lihat lokasi perumahan tersebut, untuk itu pastikan memilih tips untuk mencari rumah subsidi murah yang sesuai dengan kondisi dan jangan tergesa-gesa. Ada baiknya untuk datang ke lokasi dua atau tiga kali sebelum memutuskan untuk memiliki rumah di lokasi tersebut agar tidak timbul penyesalan di kemudian hari apabila menemukan masalah.

Mendatangi pameran properti

Ajang diselenggarakannya pameran properti di berbagai kota di Indonesia adalah kesempatan yang sangat baik ketika memutuskan untuk memiliki rumah, terutama rumah subsidi murah. Pameran properti tidak hanya memberikan kesempatan bagi pengembang untuk memasarkan produknya di masyarakat, namun juga bagi masyarakat karena akan mendapat banyak informasi properti di lokasi ini. Selain mendapat informasi lebih detail, selama pameran berlangsung biasanya banyak penawaran-penawaran dari pengembang yang bertujuan menarik minat masyarakat membeli rumah di lokasi tersebut. Beragam penawaran menarik, mulai dari DP rumah yang rendah, cashback, promo pembelian, serta beragam promo lainnya, selain itu selama pemeran berlangsung pihak pengembang biasanya menyediakan bantuan mulai dari jasa konsultasi memilih rumah yang cocok dan sesuai kemampuan juga bagaimana mengajukan permintaan mendapatkan KPR FLPP dari bank yang ditunjuk pemerintah.

Melalui media sosial

Nyaris sebagian besar masyarakat memiliki akun di media sosial, bahkan media sosial tidak hanya digunakan sebagai media untuk berinteraksi belaka namun juga untuk mendukung kepentingan bisnis. Tidak heran jika banyak pengembang besar maupun kecil memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produknya serta berinteraksi dengan masyarakat yang berminat dengan produknya. Bahkan tidak jarang pengembang memposting promo atau penawaran khusus untuk masyarakat serta informasi detail lainnya. Dengan kata lain, media sosial adalah tempat yang tepat untuk mencari informasi rumah subsidi murah tanpa perlu bersusah payah datang secara langsung ke lokasi perumahan tersebut karena biasanya informasi yang diberikan pihak pengembang cukup detail.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Facebook Comments
Berlanggan Artikel
The hottest real estate headlines delivered weekly
Berbagi dengan kami
Punya cerita unik untuk dibagikan di sini?
285 queries in 0.960 seconds.