Tips Menata Kamar Tidur Minimalis Bergaya Bohemian

Kamar tidur memiliki arti yang sangat penting dalam hidup seseorang karena memiliki fungsi yang lebih dari sekadar ruang untuk tidur atau beristirahat, namun juga menjadi tempat favorit untuk melakukan aktivitas lain seperti belajar atau bekerja. Saat ini sudah banyak orang yang memilih bekerja dari rumah, dan kamar tidur kerap dijadikan pilihan favorit untuk melakukan berbagai pekerjaan. Untuk alasan itulah banyak orang dengan sengaja mencari referensi khusus desain yang cocok, unik, dan nyaman untuk kamar tidur, tidak hanya nyaman untuk beristirahat namun juga untuk bekerja atau belajar serta memberikan banyak inspirasi. Memiliki hunian yang bergaya minimalis bukanlah alasan untuk tidak memilih style atau gaya tertentu yang unik untuk kamar tidur, karena ada banyak referensi bagaimana menata kamar tidur minimalis dengan gaya yang unik, salah satunya adalah gaya Bohemian.

kamar tidur gaya bohemian

Desain cantik kamar tidur gaya Bohemian via thisisthefirst.com

Untuk sebagian orang gaya bohemian sudah tidak asing lagi, namun sebagai informasi ada baiknya mengetahui sedikit seperti apa itu style atau gaya Bohemian. Istilah Bohemian pertama kali digunakan pada pertengahan abad ke-19 di Eropa yang menggambarkan sekelompok masyarakat yang sangat suka dengan seni dan menganggap seni adalah bagian penting dalam hidupnya sehingga kerap dijadikan pedoman dalam banyak hal, seperti gaya berpakaian, desain rumah, dan sebagainya. Sebagaimana kelompok pecinta seni yang menyukai kebebasan dalam berekspresi, gaya bohemian ini dengan mudah dapat terlihat dari style pakaian yang dikenakan, berwarna-warni dengan pilihan paduan warna yang cerah.

Paduan warna yang kaya, beragam, dan menyolok ini sangat disukai oleh sebagian orang, dan kerap dijadikan inspirasi untuk menata rumah, termasuk kamar tidur. Namun, tidak semua orang mengetahui cara yang tepat untuk menata atau mendekorasi kamar tidur bergaya bohemian. Untuk orang menyukai sesuatu yang simpel atau minimalis, gaya bohemian tetap cocok karena tidak membutuhkan banyak perabotan untuk menata kamar sesuai style bohemian tersebut. Berikut beberapa tips untuk membantu menata kamar tidur minimalis namun tetap unik dan nyaman dengan gaya atau style bohemian.

Ekspos kamar tidur dengan berbagai aksesoris khas bohemian

Gaya bohemian identik dengan berbagai aksesoris unik yang menyertainya, seperti kalung, gelang, syal, dan anting. Untuk menata kamar tidur bergaya bohemian, letakkan aksesoris-aksesoris ini di tempat-tempat khusus atau di gantung di dinding. Pilih desain aksesoris ini yang tidak hanya unik namun juga mencerminkan karakter dari si pemilik kamar tersebut. Meskipun identik dengan beragam aksesoris, bukan berarti aksesoris tersebut bisa di gantung atau diletakkan sebanyak-banyaknya. Sebelum membeli, pilah dan pilih yang unik serta mencerminkan karakter si pemilik kamar sehingga kamar tidur menjadi tempat yang menyenangkan dan nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas.

Pilih wallpaper bermotif etnik atau bunga-bunga yang kaya warna

Wallpaper menjadi salah satu elemen penting untuk menata kamar tidur bergaya bohemian, karena pemilihan warna dan motif wallpaper yang cocok akan memperkuat nuansa bohemian style pada kamar tidur. Umumnya, wallpaper untuk gaya bohemian bermotif bunga-bunga atau etnik dengan pemilihan warna yang beragam, namun tetap saja pemilihan wallpaper terutama motif dan corak disesuaikan dengan karakter si pemilik kamar agar desain kamar tetap nyaman.

Tambahkan unsur tanaman untuk membuat desain gaya bohemian semakin semarak

Unsur tanaman akan membuat kamar tidur terlihat lebih fresh dan sejuk, dan untuk desain kamar tidur bergaya bohemian ini unsur tanaman menjadi pelengkap. Letakkan satu atau dua pot tanaman hidup seperti kaktus, anggrek, atau jenis tanaman hias lainnya, sebaiknya yang berukuran kecil sehingga kamar tidur tetap terlihat minimalis dan lega meskipun mengambil tema gaya bohemian yang terkenal kaya akan warna cerah serta beragam aksesoris. Namun jika kebetulan tidak terlalu suka dengan tanaman hidup, bisa dipertimbangkan untuk memilih tanaman hias buatan sehingga detail gaya bohemian tetap nampak.

Tambahkan berbagai bentuk karya seni

Karya seni, entah itu dalam bentuk lukisan, poster, patung, atau foto, sesungguhnya adalah elemen penting yang mencerminkan bahkan memperkuat gaya atau style bohemian pada kamar tidur tersebut. Sentuhan karya seni ini akan membuat suasana kamar tidur lebih berwarna dan terhindar dari kesan monoton yang tentu saja memberikan lebih banyak inspirasi jika si pemilik kamar belajar atau bekerja. Paduan warna-warna terang dan deretan karya seni pastinya membuat suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari.

Berikan sentuhan motif dan tekstur yang terkesan feminim

Umumnya sentuhan desain kamar tidur bergaya bohemian ini banyak diadopsi oleh wanita, karenanya sentuhan motif dan tekstur yang terkesan feminim adalah detail yang tidak boleh terlupakan, seperti renda, kepang, sulam, rajut, dan rumbai-rumbai dengan corak warna cerah di beberapa bagiannya. Sedangkan pengaplikasian motif atau tekstur yang terkesan feminim itu sendiri dapat diterapkan melalui sprei, bedcover, korden, karpet, taplak meja, bantal kecil, dan pernak-pernik lainnya pelengkap kamar tidur seorang wanita.

Sentuhan etnik pada gaya bohemian bukan berarti batik

Gaya bohemian berasal dari Eropa sehingga unsur tradisional Eropa sangat kental pada gaya bohemian ini seperti warna-warna cerah nan lembut. Namun berbeda dengan batik yang identik dengan warna-warna yang cenderung gelap, sentuhan batik tentu saja akan membuat nuansa yang berbeda pada desain kamar tidur minimalis bergaya bohemian.

Pilih Furniture yang menampilkan kesan etnik untuk memperkuat kesan gaya bohemian

Perabotan atau furniture juga merupakan elemen penting yang mendukung sentuhan gaya bohemian pada kamar tidur. Kesan simpel dan minimalis tetap bisa terlihat meskipun memilih gaya bohemian untuk kamar tidur, karena itu tidak perlu memasukkan banyak perabot, cukup tempat tidur, meja kayu, kursi, atau beberapa pernik lainnya seperti layaknya sebuah kamar tidur. Namun tambahkan juga lampu-lampu unik yang terkesan antik, serta cermin dengan corak etnik untuk memperkuat sentuhan gaya bohemian pada kamar tidur.  Hindari memasukkan banyak furniture dalam kamar tidur minimalis, karena gaya bohemian bukanlah terletak pada jenis furniture yang di pilih meskipun pemilihan furniture bergaya vintage bisa memperkuat nuansa bohemian. Namun, gaya bohemian pada desain kamar tidur lebih ditekankan pada berbagai aksesoris yang menghiasi kamar tidur tersebut.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Save

Save

Save

Save

Facebook Comments
283 queries in 1.915 seconds.