Tips Memadukan Desain Rumah dan Tempat Usaha

Lebih praktis dan ekonomis, seringkali menjadi alasan terbesar bagi sebagian masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan untuk memadukan desain rumah dan tempat usaha. Selain alasan kepraktisan dan lebih hemat, saat ini banyak ibu rumah tangga yang juga memiliki usaha sampingan, sehingga dengan memadukan aktivitas bekerja dan tempat tinggal, ibu tetap bisa mengurus dan mengawasi anak-anak tanpa merasa repot harus bolak-balik. Namun tentu saja untuk kenyamanan dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari, meskipun berada di area yang sama, tempat keluarga beraktivitas dengan tempat bekerja seharusnya dipisahkan, apalagi jika pekerjaan tersebut melibatkan orang lain atau memiliki karyawan.

desain rumah dan tempat usaha

Rumah dan tempat usaha bisa dipadukan dengan pertimbangan yang matang via Pixabay.com

Meskipun konsep memadukan desain rumah dan tempat usaha terbilang memiliki banyak sisi positif, namun yang namanya usaha tentu harus berada pada lokasi yang strategis, apalagi jika usaha yang dijalankan berhubungan dengan jasa sehingga pemilihan lokasi menjadi sesuatu yang sangat penting. Semakin strategis lokasi usaha yang di pilih, maka secara langsung akan mempengaruhi kesuksesan usaha tersebut, meskipun hal tersebut bukanlah faktor penentu satu-satunya. Atas dasar alasan ini, tentu saja memilih rumah sebagai hunian yang sekaligus ingin dijadikan tempat usaha harus dipertimbangkan secara matang, baik dari segi prospek bisnis atau usaha tersebut maupun dari sisi kenyamanan untuk tinggal bersama keluarga di lokasi usaha itu.

Setidaknya ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih lokasi untuk usaha, antara lain tingkat kepadatan penduduk yang tinggal di daerah tersebut, semakin tinggi tingkat kepadatan penduduknya maka potensi pasar juga akan semakin besar. Selain faktor tersebut, perlu juga dilakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui daya beli masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut, faktor ini cukup penting untuk menentukan seberapa besar peluang usaha tersebut akan berkembang. Faktor lain yang juga tidak kalah penting adalah faktor keamanan di kawasan tersebut. Faktor keamanan ini seharusnya menjadi skala prioritas apabila berencana memadukan desain rumah dan tempat usaha, di mana lokasi usaha tersebut sekaligus menjadi lokasi hunian bersama keluarga. Apabila sudah dipertimbangkan secara matang bahwa lokasi tersebut cocok untuk dijadikan rumah tinggal sekaligus tempat usaha, maka saat mempertimbangkan konsep desain seperti apa yang cocok untuk rumah dan tempat usaha tersebut, berikut tipsnya.

Pertimbangkan dan rencanakan secara detail luas bangunan untuk rumah tinggal dan tempat usaha

Kawasan perkotaan umumnya memiliki luas lahan yang terbatas, entah itu lokasi hunian atau yang memang diperuntukkan untuk usaha. Keterbatasan lahan membuat seseorang yang berniat memadukan desain rumah dan tempat usaha harus mempertimbangkan secara matang berapa luas lahan yang digunakan untuk area privat bersama keluarga serta luas untuk tempat usaha tersebut. Area untuk aktivitas pribadi bersama keluarga harus dipisahkan dari tempat usaha, apalagi jika usaha tersebut memiliki sejumlah karyawan yang bekerja. Selain memisahan area pribadi keluarga dengan tempat usaha, hal penting lainnya yang juga harus dipertimbangkan adalah menyediakan ruangan khusus untuk istirahat, kamar mandi, dan ruang lainnya jika luas lahan memungkinkan.

Pastikan ruangan-ruangan utama baik untuk rumah maupun tempat usaha mendapat pencahayaan yang cukup

Konsep desain rumah dan tempat tinggal haruslah memiliki pencahayaan yang cukup baik, karena hal tersebut merupakan kebutuhan yang mutlak sangat diperlukan, apalagi jika hunian tersebut menyatu dengan tempat usaha. Dari sudut estetika, ruang yang mendapat cukup pencahayaan akan memberikan nuansa yang berbeda, lebih hangat dan nyaman, di mana faktor-faktor ini sangat penting untuk membantu meningkatkan kinerja dalam bekerja serta beraktivitas bagi anggota keluarga lainnya.  Ada dua sumber utama pencahayaan, yaitu yang berasal dari sinar matahari atau alami, dan yang berasal dari benda buatan manusia seperti lampu, lilin, dan lainnya. Pastikan desain rumah dan tempat usaha tersebut memiliki pencahayaan yang cukup, baik yang sifatnya alami maupun buatan, terutama pada siang hari. Sedikit tips, sebisa mungkin area yang di rancang khusus untuk rumah mendapatkan akses sinar matahari yang cukup, namun untuk tempat usaha bisa dipadukan antara pencahayaan alami dengan buatan.

Ruangan-ruangan harus memiliki sirkulasi udara yang baik

Konsep desain rumah yang menyatu dengan tempat kerja haruslah dirancang memiliki sirkulasi udara yang baik, karena rumah tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk tempat anggota keluarga melakukan berbagai aktivitas, namun juga sebagai tempat untuk bekerja apalagi jika ada karyawan lain yang bekerja. Maing-masing ruangan baik yang diperuntukkan untuk hunian maupun tempat usaha haruslah memiliki sirkulasi udara mengalir lancar. Sirkulasi udara yang baik khususnya untuk tempat usaha pastinya akan membuat karyawan yang bekerja merasa nyaman dan lebih sehat. Jika memungkinkan area yang memisahkan antara rumah dan tempat usaha bisa berupa ruang terbuka hijau atau taman dengan berbagai tanaman yang menyejukkan sehingga lebih menarik dari sudut estetika dan indah dalam desainnya.

Sediakan lahan khusus untuk parkir kendaraan

Parkir kerap menjadi masalah saat ingin memadukan desain rumah dan tempat usaha, karena ketika rumah sudah menjadi bagian dari tempat usaha maka tentu membutuhkan space atau area khusus untuk parkir kendaraan, baik untuk parkir karyawan maupun tamu yang datang berkunjung. Area parkir ini bahkan harus dipertimbangkan secara matang, terutama untuk rumah dan lokasi usaha yang memiliki lahan terbatas. Jangan sampai niatan untuk lebih praktis, berhemat, dan selalu dekat dengan keluarga membuat susah atau masalah bagi tetangga di sekitar. Jika hanya sesekali tamu yang datang berkunjung, mungkin tidak menjadi masalah, namun jika usaha semakin besar dan tamu yang berdatangan semakin banyak, tentu keinginan memadukan desain rumah dan tempat usaha perlu dipikirkan ulang. Tidak hanya itu, jumlah karyawan yang terus bertambah tentu juga akan membuat masalah karena membutuhkan lahan parkir yang lebih luas jika semua karyawan membawa kendaraan.

Tentunya selain tips di atas masih banyak tips lainnya yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan rencana memadukan desain rumah dan tempat usaha, namun pastikan semua sudah dipertimbangan secara matang baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang agar usaha atau bisnis yang dikelola lebih sukses.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Facebook Comments
Berlanggan Artikel
The hottest real estate headlines delivered weekly
Berbagi dengan kami
Punya cerita unik untuk dibagikan di sini?
284 queries in 0.698 seconds.