Taman Atap atau Roof Garden, Solusi Penghijauan Rumah di Lahan Terbatas

taman atap yang hijau

Taman Atap (Roof Garden) – Dulu banyak masyarakat Indonesia yang berpikir bahwa membangun taman itu butuh lahan yang cukup luas. Untuk itu sangat susah direalisasikan di tempat padat penduduk, seperti di perkotaan. Tapi saat ini pemikiran tersebut sudah sangat usang dan tak berlaku lagi. Karena semua orang bisa memiliki taman di rumah dan lahan terbatas tak lagi jadi hambatan.

Bagimana caranya? Pilihannya cukup variatif dan satu diantaranya ialah dengan menerapkan konsep taman atap (roof garden). Konsep ini mulai banyak dilirik dan jadi tren di dunia. Terlebih ketika disangkutpautkan dengan isu global warming. Adanya roof garden benar-benar efektif mengatasi sejumlah masalah bangunan di era modern ini.

Lihat saja konsep bangunan sejumlah mall, hotel atau perkantoran di sekitar. Sebagian besar sudah menggunakan konsep roof garden, termasuk di Indonesia. Bahkan belakangan roof garden mulai banyak dipakai untuk konsep perumahan modern, minimalis dan sebagainya. Misalnya saja rumah para publik figur seperti Raffi Ahmad.

Nah, bila Anda ingin membangun taman tapi terkendala masalah lahan bisa mencoba menggunakan taman atap (roof garden) di rumah. Tapi sebelum itu alangkah baiknya menyimak sejumlah informasi menarik berikut ini untuk mengenal lebih jauh tentang roof garden.

Sejarah Singkat Roof Garden

Roof garden mulai dikembangkan secara modern sejak tahun 1980 di Jerman. Kemudian konsep ini menjadi cukup populer dan menyebar ke sejumlah negara di Eropa, seperti Swiss, Inggris, Perancis, Belanda dan sebagainya. Pengembangan ini bahkan menjadi kebijakan khusus dari pemerintah Inggris.

Tak hanya di Eropa, roof garden juga berkembang di Amerika Serikat, dimana pertama kali diterapkan di Chicago. Negara-negara di Asia pun tak mau ketinggalan untuk menerapkan konsep roof garden. Diantaranya seperti Jepang, Hong Kong, China, Korea dan Singapura. Kini roof garden sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Meski masih baru konsep ini terus mengalami kemajuan dan perkembangan sehingga menarik minat banyak pihak untuk menggunakannya.

Manfaat Menerapkan Konsep Roof Garden di Rumah

– Berperan penting menyediakan ruang hijau dan penyeimbang untuk mengatasi pemanasan global.

– Menciptakan iklim mikro dan nuansa sejuk, mengurangi polusi, melestarikan tanaman dan memberikan habitat untuk hewan seperti burung.

– Menghambat dan mengontrol laju air hujan yang membasahi bangunan, serta peredam kebisingan yang terjadi di perkotaan.

– Pelindung untuk atap dan membuat beton menjadi lebih awet digunakan. Sehingga biaya perawatan pun jauh lebih hemat.

– Bisa jadi tempat berkebun dan menghasilkan bahan makanan sehat seperti buah dan sayur. Sering disebut juga rooftop farming.

– Desain dan dekorasi yang tepat menambah nilai keindahan bangunan. Ini tentu selaras dengan peningkatan daya jualnya.

Tips Membangun Roof Garden di Rumah

  1. Perhatikan kekuatan atap rumah

Langkah utama ialah memperhatikan kekuatan atap rumah. Adanya roof garden menambah beban tambahan. Untuk itu pastikan atap kuat menahan beban.

Jika bangunan rumah baru akan dibangun Anda bisa merancangnya terlebih dahulu. Misalnya atap dengan material beton yang kemiringan dna komposisinya diatur sedemikian rupa untuk menciptakan roof garden yang indah.

  1. Metode membuat roof garden

Ada beragam cara mengaplikasikan roof garden di rumah. Dua metode yang paling populer ialah teknik cor dengan kemiringan lantai dan diperkuat sistem waterproofing. Atau cara baru memakai bahan plastik yang mampu mengontrol air dan jadi penahan media tanam.

  1. Teknik cor

Jika Anda menggunakan teknik cor lapisi beton atap dengan waterproofing agar tak ada rembesan air yang masuk ke ruangan. Selain itu akan baik jika membuat saluran drainase untuk air bersih dan kotor. Tambahkan pasir, kerikil dan batu apung untuk memudahkan air mengalir. Lapisi juga dengan ijuk untuk memperlancar aliran.

Untuk tanahnya buatlah lapisan setinggi 5 – 15 cm. Lapisan teratas campurkan dengan pupuk kompos. Media sudah jadi dan Anda tinggal menanam rumput, tanaman, pohon dan sebagainya sesuai selera. Untuk memudahkan perawatan roof garden di rumah bisa melapisi dek dengan lantai kayu.

Facebook Comments
311 queries in 1.634 seconds.