Shabby Chic, Inspirasi Interior Rumah yang Cantik

Siapa sih yang tidak ingin interior rumahnya tampak cantik? Rumah minimalis bukan berarti minim pula interiornya, karena sudah banyak inspirasi interior rumah yang cantik dan sangat cocok dengan rumah minimalis. Tidak heran jika banyak orang berlomba mencari desain interior yang cocok untuk hunian agar terlihat modern namun tetap mengutamakan sisi kenyamanan. Berkat kemajuan teknologi, semua orang dengan mudah bisa mengakses informasi seputar tren interior rumah saat ini, tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Bisa dimengeti mengapa orang berlomba-lomba untuk mendesain rumah seindah, secantik, dan senyaman mungkin, karena rumah memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, dan interior adalah jiwa dari rumah tersebut. Interior rumah yang cantik tidak hanya membuat bangunan rumah menjadi lebih menarik dan indah di pandang mata, namun juga membuat ruangan terasa lebih hidup dan hangat.

Inspirasi interior rumah gaya Shabby Chic

Interior rumah bergaya Shabby Chic yang elegan dan anggun via www.idecorar.net

Tidak hanya membuat penghuni rumah merasa nyaman dengan interior rumah yang cantik, namun juga akan meningkatkan harga dari properti tersebut, baik untuk disewakan atau dijual kembali. Untuk itu, ada baiknya sebelum memilih desain interior yang cocok untuk hunian, pastikan telah melalui pertimbangan yang matang. Selain itu, pilih interior rumah yang sesuai dengan kepribadian penghuninya, karena rumah biasanya menunjukkan jati diri seseorang. Seseorang yang memiliki kepribadian simpel dan sederhana biasanya tercermin dari penataan interior rumah yang tidak memiliki banyak perabot atau pernak-pernik aksesoris rumah. Sebaliknya, seseorang yang memiliki kepribadian yang cenderung modis dan menyukai suasana glamor biasanya menyukai konsep rumah yang kaya akan pernak-pernik serta perabotan dengan warna-warna yang menyolok serta desain yang ramai.

Ada beragam gaya desain interior rumah yang bisa di pilih, bahkan yang bertemakan simpel minimalis sekalipun memiliki berbagai macam gaya desain yang cantik-cantik dan bisa menjadi inspirasi interior rumah. Salah satu inspirasi interior rumah yang bergaya klasik namun simpel dan elegan adalah Shabby Chic, Interior bergaya Shabby Chic identik dengan gaya klasik negara Eropo zaman dahulu yang umumnya tercermin pada tidak hanya interior rumah namun juga perabotannya. Nuansa klasik Shabby Chic ini juga dominan warna-warna tertentu, yang lebih lembut, feminim, dan anggun, selain itu gaya Shabby Chic juga merupakan turunan dari gaya vintage dengan motif floral yang mendominasi. Interior bergaya Shabby Chic ini meskipun kaya akan motif namun tetap terkesan simpel dan sederhana asalkan dipadupadankan dengan benar. Berikut beberapa inspirasi interior rumah bergaya Shabby Chic yang mungkin bisa di pilih agar rumah tampak cantik dan elegan, namun tetap memiliki sentuhan yang modern.

Aksesoris rumah bernuansa antik

Shabby Chic sangat berkaitan erat dengan segala hal yang berbau vintage, tidak heran jika salah satu penanda rumah bergaya shabby chic adanya furniture atau perabotan dengan style antik. Meskipun dominan dengan sentuhan perabotan ala klasik, bukan berarti semua perabotan lama bisa memunculkan nuansa shabby chic ini. Ada motif atau warna tertentu yang membuat aksesoris rumah memiliki nuansa shabby chic, seperti warna yang cenderung lembut atau pastel di sertai motif bunda pada perabotan seperti kursi. Tidak harus mahal, karena perabotan tua yang mungkin masih ada dari peninggalan keluarga bisa digunakan untuk memberikan kesan nuansa shabby chic. Hiasan dinding lama bisa menjadi salah satu elemen yang akan memperkuat nuansa shabby chic pada interior rumah tersebut. Biasanya aksesoris semacam ini selain bisa didapatkan dari keluarga yang masih menyimpan barang-barang zaman dahulu, juga bisa didapatkan di toko yang menjual barang-barang vintage. Namun jika merasa kesulitan mencari aksesoris atau perabotan bernuansa vintage, bisa di akali dengan dengan mengamplas perabotan tersebut untuk mendapatkan kesan usang sehingga bisa digunakan sebagai elemen shabby chic pada interior rumah.

Pilih furniture berwarna putih

Interior rumah bergaya Shabby Chic umumnya di tandai dengan nuansa pastel bermotif bunga atau floral pada berbagai elemen yang terdapat di ruang tersebut, seperti wallpaper, motif kursi, hiasan dinding, dan sebagainya. Untuk mendukung nuansa shabby chic pada rumah, pilih furniture berwarna putih untuk memberikan kesan netral pada interior rumah di antara motif bunga dan nuansa pastel pada elemen lainnya di rumah tersebut. Furniture putih bergaya klasik dengan sentuhan sedikit vintage akan memperkuat nuansa shabby chic pada interior rumah tersebut.

Dominasi warna pastel dan motif bunga di setiap sudut rumah bergaya Shabby Chic

Banyak orang memilih interior rumah bergaya shabby chic karena identik dengan warna-warna lembut yang membuat suasana rumah nampak nyaman dan anggun. Umumnya warna-warna pastel sangat mendominasi interior rumah bergaya shabby chic, seperti warna hijau mint, krem, putih gading, merah muda, beige, biru muda, dan warna lembut lainnya, sehingga ruangan rumah terasa lebih feminim. Warna-warna ini dapat muncul dalam bentuk padu padan wallpaper atau cat pada dinding rumah, furniture atau perabotan, serta sentuhan aksesoris pada interior rumah tersebut. Nuansa warna pastel pada interior rumah ini semakin dipercantik dengan motif bunda atau floral yang menghiasi interior rumah bergaya shabby chic. Kain bermotif floral ini biasanya digunakan sebagai penutup sofa, taplak meja, dan gorden, namun seiring perkembangan zaman kain print dengan berbagai motif semakin banyak ditemukan di pasaran sehingga penggunaan kain bermotif ini tidak lagi terbatas dengan motif yang semakin kaya dan cantik. Sedikit tips untuk interior rumah bergaya Shabby Chic adalah pilih warna yang dominan atau utama kemudian seimbangkan dengan warna komplementernya, hal ini sangat membantu agar nuansa interior rumah bergaya shabby chic tidak terlalu ramai.

Ingin mengubah interior rumah menjadi bergaya Shabby Chic sesungguhnya tidak harus mahal, karena bisa memanfaatkan perabotan bekas yang sudah tua dan kemudian di cat kembali sesuai dominasi warna pada gaya Shabby chic yang kental dengan nuansa klasik, anggun, lembut, dan nyaman untuk menjadi tempat beristirahat serta berkumpul bersama keluarga tercinta.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Facebook Comments
Berlanggan Artikel
The hottest real estate headlines delivered weekly
Berbagi dengan kami
Punya cerita unik untuk dibagikan di sini?
285 queries in 0.873 seconds.