Menghadirkan Gaya Art Deco pada Hunian Rumah

Art Deco merupakan gaya yang awalnya berkembang di Eropa terutama Paris yakni sekitar tahun 1930s. Gaya Art Deco adalah seni visual dan berpengaruh & gerakan desain yang pertama kali muncul di Perancis setelah Perang Dunia I. Merupakan gabungan dari berbagai sentuhan dari budaya Perancis, Mesir & Mediterania dengan pola geometris dan seringnya warna cerah. Pada era nya gaya tersebut mempengaruhi banyak bidang baik seni, fashion hingga arsitektural dan dekorasi. Tak hanya para bangsawan tapi pada tahun-tahun tersebut dimana telah ditemukannya produksi masal, deco menjadi sesuatu yang dapat dimiliki oleh setiap orang. Gaya tersebut kini masih sering digunakan termasuk di Indonesia dalam dunia arsitektural baik interior maupun eksterior. Untuk menghadirkan gaya Art Deco pada hunian rumah anda ada beberapa elemen yang dapat dipertimbangkan, antara lain

1. Warna

Pilihan warna yang paling populer adalah hitam glossy, chrome, perak, kuning dan merah. Anda juga bisa menggunakan warna krem, putih, beige, tiram dan nuansa hijau.

2. Dinding

Art deco adalah  tentang simetri dan keseimbangan seperti yang dapat anda lihat pada contoh gambar wallpaper yang indah. Penggunaan wallpaper dengan pola yang berani pada salah satu dinding ruangan juga dapat menjadi pilihan. Tapi yang paling penting adalah mempertahankan simetris pada ruangan.

Mempertahankan penggunaan cat dinding dengan warna tertentu dapat dibantu dengan pemberian aksen artwork berupa lukisan atau poster Art Deco dan penempatan cermin yang juga merupakan ciri khas periode Art Deco.
2a2b

3. Lantai

Lantai parket kayu dengan pernis mengkilap merupakan pilihan utama dalam gaya deco. Ubin vinyl berwarna hitam dan putih juga cukup populer dalam menampilkan gaya tersebut. Penggunaan karpet dengan pola geometris di ruangan juga akan memberi kesan menyatu dan menyemarakkan ruangan. Namun tetap harus berhati-hati agar karpet tidak terlalu mencolok sendiri.

3a 3b

4. Furnitur

Pilihlah satu furniture bukannya satu set dengan bentukan yang terkesan kuat dan langsing. Furnitur vintage dan tema safari, finishing mewah, batu semi mulia, marmer dan kerang juga merupakan material yang akan terlihat fantastis dengan bahan desain interior modern.

4b 4a

5. Penerangan

Jenis lampu dengan perempuan memegang bohlam merupakan salah satu yang khas dari Art Deco. Cari juga jenis dengan material khrom, dan kaca.

5a 5b

 

6. Penyimpanan

Rak penyimpanan, lemari dan lainnya lebih baik terbuat dari kayu jenis veneer yang pucat dan dengan bentuk sederhana sehingga sesuai dengan cahaya dan memberikan kesan yang lapang.

6a 6bi

 

7. Tekstil

Tetap pada pemilihan kain polos atau pola geometris dan menambahkan highlights seperti bantal yang juga dalam satu warna polos.

Nah, itu tadi elemen-elemen Art Deco yang dapat Anda pertimbangkan untuk menghadirkan Art Deco pada hunian rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
286 queries in 1.099 seconds.