Kulit Sehat dan Bersinar Berkat 10 Buah-buahan Ini

14

Buah-buahan selain memberi banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata juga bermanfaat untuk merawat kecantikan, seperti melembabkan kulit, memutihkan kulit, mengencangkan kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, dan lain-lain. Akan tetapi sungguh disayangkan, kita terkadang lupa dan lebih sering menggunakan kosmetika yang berbahan dasar zat kimia untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit kita.

Padahal dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan tertentu, kulit akan terlihat lebih sehat dan bersinar serta terlihat lebih cantik alami. Jika menggunakan kosmetika yang berbahan dasar zat kimia, kita harus berhati-hati memilah dan memilihnya karena ada banyak kasus yang telah terjadi bahwa salah satu komponen zat kimia yang terkandung dalam suatu produk kosmetika mengandung zat yang berbahaya, yang bukan hanya merusak kesehatan kulit namun untuk jangka panjang akan membahayakan jiwa penggunanya.

Mengkonsumsi buah tidak harus mahal, karena ada beberapa jenis buah yang memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi kesehatan juga kecantikan dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Bahkan beberapa dari buah tersebut merupakan buah lokal Indonesia yang pastinya sesuai dengan kebutuhan nutrisi masyarakat Indonesia yang hidup di daerah tropis. Penasaran?  Yuk kita intip 10 jenis buah-buahan apa saja yang bisa bikin kulit sehat dan bersinar.

1. Jeruk

Buah yang satu ini sangat terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk membantu membentuk kolagen pada kulit.

2. Pisang.

Buah yang satu ini seringkali dibuat masker wajah karena mampu meningkatkan kualitas serta kesehatan kulit dengan kandungan vitamin yang dimilikinya, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin F. selain itu buah pisang juga mengandung tiga macam jenis gula yang penting bagi kulit kita, terutama kulit wajah, karena itu buah pisang sangat bermanfaat untuk mengatasi beragam masalah kulit seperti jerawat, melembabkan, memutihkan, menghaluskan, dan masih banyak lagi.

3. Buah lemon.

Lemon banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2, dan B3, karena itu sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti untuk melembabkan kulit, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat, dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

4. Pepaya

Buah ini kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E serta kandungan zat antioksidan yang membantu melembabkan kulit serta melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Kulit buah pepaya dengan enzim yang terkandung didalamnya sangat membantu untuk pengelupasan kulit sehingga banyak digunakan sebagai masker wajah.

5. Tomat

Buah yang satu ini kerap masuk dalam jenis sayur-sayuran karena sering digunakan sebagai bahan menu masakan, tapi tahukah Anda bahwa tomat sebagai buah memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kulit dan wajah dengan kandungan nutrisinya, seperti vitamin, protein, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, vitamin C, dan B1. Kandungan nutrisi tersebut dipercaya membantu menjadikan kulit lebih halus, bersih, dan bercahaya.

136. Strawberry

Buah ini banyak disukai karena rasanya yang asam manis sangat menyegarkan, bahkan strawberry kerap dijadikan perasa beberapa jenis minuman dan es krim atau saat ini telah dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan ringan. Tapi ternyata dengan kandungan nutrisinya, yaitu vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan K serta kandungan asam salisilat memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit dan wajah seperti untuk mengencangkan kulit, meremajakan kulit, dan menyehatkan kulit.

7. Apel

Buah ini memiliki khasiat yang besar, terutama Anda yang memiliki kulit kering karena mampu menjaga elastisitas kulit, mampu memurnikan dan meremajakan kulit dengan kandungan zat alpha-hidroxy acid. Selain itu, buah ini dapat dijadikan masker pada wajah dan leher yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dengan kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan vitamin E.

8. Melon

Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan wajah, karena mampu melembabkan kulit, mencerahkan kulit wajah, mencegah dan menghilangkan jerawat, dan mencegah penuaan dini. Untuk perawatan kulit wajah, buah ini sangat cocok dijadikan masker.

9. Alpukat

Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan wajah seperti vitamin, lemak tak jenuh, protein, serat, karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium, dan masih banyak lagi. Tidak mengherankan jika buah alpukat banyak dijadikan bahan dasar pembuatan produk-produk kecantikan, karena memiliki khasiat dapat memutihkan, melembabkan, menghaluskan kulit wajah, dan menghilangkan jerawat.

10. Buah Naga

Buah yang satu ini selain menyegarkan juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit dengan kandungan vitamin C, vitamin E, dan vitamin B3, yaitu melembabkan dan menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, mencegah dan menghilangkan jerawat, mengatasi kulit yang terbakar akibar panas matahari, dan melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet.

Ternyata buah-buahan mengandung berbagai macam manfaat bagi kesehatan kulit dan wajah. Namun sesungguhnya rahasia alami untuk kulit sehat dan bersinar adalah menjaga pola diet yang seimbang, pola hidup sehat, menghindari stress, dan sebisa mungkin menggunakan perawatan kulit dan wajah yang berbahan dasar alami sehingga mampu meminimalisir dampak buruk bagi kesehatan kulit untuk jangka panjang.

Ayo konsumsi buah-buahan agar kulit senantiasan sehat, cantik alami, dan bersinar.

Facebook Comments
280 queries in 2.429 seconds.