Keuntungan Tanaman Artifisial Untuk Dekorasi Interior Rumah

Rumah bergaya minimalis bukan berarti minimalis pula dalam hal desain interiornya, karena sudah banyak desain interior yang bergaya simpel, ekonomis, namun tetap mempercantik tampilan rumah yang sederhana sekalipun. Terlihat sepele, namun desain interior rumah yang cantik akan membuat suasana rumah semakin semarak dan nyaman ketika beristirahat atau melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga tercinta di rumah. Tidak heran jika seseorang bahkan harus menyewa jasa seorang konsultan atau desainer untuk mempercantik tampilan interior rumahnya, tentu saja untuk itu harus membayar biaya tambahan. Namun bagi yang kondisi keuangannya pas-pasan bukan berarti keinginan keinginan mempercantik desain interior rumah hilang begitu saja, karena sudah banyak informasi inspirasi untuk desain interior rumah yang bisa dilakukan secara mandiri. Mengatur sendiri tata letak atau desain interior rumah selain bisa menghemat anggaran juga bisa memancing kreativitas penghuni rumah lainnya.

Keuntungan tanaman artifisial

Desain interior rumah semakin cantik dengan tanaman artifisial via Pixabay.com

Keterbatasan lahan dan ruang kerap membuat sebagian masyarakat tidak dapat memasukkan unsur alami dalam desain rumahnya, bahkan sangat jarang rumah di daerah perkotaan yang menyediakan space khusus untuk taman kecil di rumah. Padahal hijaunya pepohonan atau tanaman yang ada di rumah membantu pikiran lebih rileks di tengah padatnya aktivitas setiap hari di luar rumah. Namun di sisi yang lain, padatnya aktivitas yang menyita sebagian besar waktu masyarakat terutama yang hidup di daerah perkotaan jugalah yang membuat seseorang tidak memiliki cukup waktu untuk merawat rumah sehingga memilih interior yang bersifat praktis untuk menghiasi rumah, salah satunya dengan tanaman artifisial. Tanaman artifisial ini kerap di sebut juga tanaman palsu karna terbuat dari plastik. Meskipun demikian secara visual tampilan tanaman artifisial ini sangat mirip dengan tanaman asli, dan hampir semua jenis tanaman sudah bisa didapatkan dalam bentuk tanaman artifisial ini, mulai dari tanaman berukuran kecil hingga besar.

Meskipun tidak menawarkan berbagai manfaat seperti tanaman alami, namun dari sisi desain interior tanaman artifisial ini memiliki kesamaan yaitu membuat tampilan rumah lebih cantik, hijau, dan tentu saja membuat suasana ruang lebih nyaman, serta yang terpenting minim perawatan. Dengan beragam manfaat yang ditawarkan tanaman artifisial ini, ternyata belum banyak masyarakat yang melirik tanaman buatan ini sebagai pernik untuk menghias desain interior rumah padahal tanaman artifisial ini sangat cocok jika digunakan sebagai material untuk mempercantik tampilan rumah bergaya minimalis dengan segala keterbatasannya. Berikut beberapa keuntungan tanaman artifisial untuk mempercantik tampilan desain interior rumah.

Tidak perlu repot menanam dan langsung bisa digunakan menghias interior rumah

Banyak orang berkata bahwa tidak semua orang memiliki tangan yang bisa membuat tanaman tumbuh subur, karena tidak jarang meskipun media yang digunakan dua orang dalam menanam sama namun hasilnya bisa berbeda, ada yang tumbuh subur dan ada yang tidak. Namun dengan tanaman artifisial bisa terbebas dari hal-hal semacam ini karena jenis tanaman ini bisa langsung digunakan untuk menghias interior rumah tanpa harus repot menanamnya, apalagi sampai harus memberi pupuk, memangkas, atau aktivitas lainnya seperti yang kerap dilakukan terhadap tanaman hidup. Tanaman ini juga tidak perlu sinar matahari sehingga terhindar dari kerepotan untuk memindah-mindahkan tanaman seperti tanaman hidup yang memerlukan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang. Serta yang terpenting, tidak perlu menunggu terlalu lama karena langsung bisa digunakan untuk menghias di semua sudut rumah.

Banyak jenis tanaman yang bisa di pilih dan sangat mirip aslinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hampir semua jenis tanaman hidup bisa di jumpai dalam bentuk tanaman artifisial ini sehingga apapun jenis tanaman yang diinginkan untuk menghias interior rumah sudah tersedia, mulai dari yang berukuran besar hingga kecil. Namun tentu saja, sesuaikan jenis tanaman artifisial yang di pilih dengan ruang yang akan di hias, pastikan untuk tidak memilih tanaman yang berukuran besar jika ruangan rumah berukuran kecil karena akan membuat ruangan terasa sempit dan tidak leluasa. Selain itu, sesuaikan warna cat atau wallpaper ruangan tersebut dengan jenis tanaman yang di pilih akan tampak matching dan nyaman di pandang mata.

Lebih awet dan mudah dipindahkan

Tanaman artifisial membuat seseorang terbebas dari rasa khawatir tanaman akan layu atau mati, karena tanpa perawatan sekalipun tanaman tetap hijau dengan warna bunga tetap cantik. Tentu saja hal ini akan mengamankan anggaran keuangan karena tanaman artifisial nyaris merupakan investasi seumur hidup yang hanya di ganti jika sudah bosan. Selain lebih hemat dan ekonomis, tanaman artifisial ini mudah di pindah-pindahkan bahkan yang berukuran besar sekalipun. Tentu saja kemudahan dalam hal memindahkan membuat jenis tanaman buatan ini sangat cocok untuk menghias interior rumah di ruang manapun.

Sangat mudah dibersihkan

Meskipun terbilang sangat praktis terutama dari segi perawatan bukan berarti tidak memerlukan tindakan apapun untuk membuat tanaman artifisial ini tetap terlihat indah dan cantik. Tanaman buatan ini tetap harus di bersihkan meskipun tentu saja tidak harus rutin di lakukan, terutama jika tanaman ini di letakkan di ruang yang relatif minim terkena debu. Debu merupakan kotoran yang membuat tanaman artifisial ini harus di bersihkan, namun cara untuk membersihkannya relatif mudah, karena hanya perlu menyemprot atau membersihkan tanaman dengan lap basah agar debu yang menempel hilang. Untuk menghindari debu yang menumpuk, bersihkan secara berkala terutama saat cuaca panas dan berdebu agar kotoran atau debu yang menempel tidak terlalu menumpuk sehingga sulit untuk dibersihkan atau memerlukan waktu yang lebih lama dalam membersihkannya.

Bisa digunakan untuk menghias interior rumah dengan beragam desain

Ada beragam jenis tanaman artifisial yang bisa di pilih sesuai kebutuhan atau sesuai ruang yang akan di dekorasi dengan tanaman tersebut. Ada beberapa referensi yang bisa digunakan untuk menjadikan tanaman artifisial semakin mempercantik desain interior rumah, salah satunya memilih jenis tanaman artifisial yang serupa dengan rumput atau rumput sintetis. Tanaman artifisial serupa rumput ini bisa digunakan untuk menghias ruang makan dengan meletakkannta tepat di bawah meja makan, sehingga tampilan ruang makan terlihat alami. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai materi membuat taman vertikal yang diletakkan di dinding rumah, pilihlah tanaman artifisial yang serupa dengan yang digunakan taman vertikal alami sehingga suasana interior rumah lebih semarak dan asri.

Relatif aman dari serangan binatang atau hama tanaman

Untuk di ketahui, ada beberapa jenis tanaman asli yang rentan terhadap serangan hama atau binatang tertentu, hal ini tentu saja akan membahayakan jika diletakkan sebagai bagian dari interior rumah, apalagi jika pemilik rumah tidak sering melakukan perawatan. Tanaman artifisial adalah solusi jika tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan perawatan tanaman di rumah, serta relatif aman dari berbagai serangan hama yang tidak hanya membahayakan tanaman itu sendiri namun juga orang-orang yang tinggal di rumah tersebut. Jangan sampai keinginan menghias interior rumah agar terlihat hijau dan alami justru berbalik membahayakan penghuni rumah itu sendiri.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Facebook Comments
285 queries in 2.088 seconds.