Kenali Ragam Jenis Pencahayaan Rumah Paling Populer

Pencahayaan Rumah Paling Populer

Pencahayaan rumah paling populer – Salah satu bagian vital dalam rumah agar tampak indah, elegan dan terkesan hidup ialah pencahayaan ruangan. Bayangkan jika rumah tidak memiliki penerangan. Sebagus apapun dekorasi dan interiornya tentu akan terlihat suram dan kehilangan fungsi jika tak bercahaya.

Sumber cahayanya bisa didapat dari mana saja, baik itu sinar matahari yang diperoleh saat siang atau lampu sebagai pencahayaan buatan di malam gelap. Penataan dan pemilihan jenis pencahayaan yang tepat mampu memberikan rasa nyaman. Contohnya tata cahaya menarik yang kerap digunakan di lobi dan kamar hotel, yang tak terlalu terang namun mampu menyempurnakan dekorasi sehingga tampak artistik.

Anda pun dapat membuat hal serupa di rumah dengan mengetahui terlebih dahulu tujuan, fungsi dan ragam jenis pencahayaan. Begitu pula dengan penempatan, warna dan jenis lampu yang sesuai. Umumnya, ada 5 jenis pencahayaan rumah paling populer saat ini dan sering digunakan untuk mempercantik ruangan. Diantaranya:

Pencahayaan Aksen (Accent Lighting)

pencahayaan rumah paling populer 1

 

Jenis pencahayaan ini dulunya banyak dijumpai di museum atau pameran seni. Dimana ada lampu-lampu yang menyorot objek tertentu hingga mampu memberikan nuansa indah dan dramatis. Kini, pencahayaan aksen sudah banyak diterapkan di rumah-rumah modern. Ada yang digunakan untuk menyorot foto, lukisan, tekstur dinding yang unik, patung dan sejumlah benda dekorasi lainnya yang dapat memberikan efek 3D.

Syarat utama menciptakan pencahayaan aksen membutuhkan sinar tiga kali lebih kuat dibandingkan cahaya di sekelilingnya. Anda bisa terapkan pada karya seni atau benda apapun yang ingin ditonjolkan. Penempatannya bisa di kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga dan sebagainya. Sejumlah lampu yang kerap digunakan ialah lampu canister, lampu dinding atau track light.

Pencahayaan Umum atau Ambien (General Lighting)

pencahayaan rumah paling populer 2

Fungsi utama pencahayaan ini ialah menerangi seluruh ruangan karena sifat cahayanya menyebar. Untuk itu diperlukan sinar yang cukup besar agar penghuni bisa melihat seisi ruangan tanpa mengabaikan kenyamanan mata.

Ini adalah jenis pencahayaan yang paling umum dipakai dan bisanya sumber sinar diletakkan di langit-langit ruangan. Lampu yang bisa digunakan antara lain lampu langit, chandelier, down light dan sebagainya. Agar bisa mengatur pencahayaan sesuai kebutuhan dapat menggunakan lampu yang ber-dimmer. Penempatan yang tepat juga dapat membuat efek ilusi meluaskan ruangan yang sempit.

Pencahayaan Dekoratif (Decorative/Focal Lighting)

pencahayaan rumah paling populer 3

Pencahayaan dekoratif dapat memberikan kesan wow di rumah Anda dan biasanya paling sering digunakan untuk ruang tamu. Sinar yang dipendarkan menciptakan sentuhan artsy apapun jenis lampunya.

Tipe ini memiliki paling banyak bentuk dan model lampu, mulai dari lampu yang sekedar memancarakan efek sinar berpola, lampu dekor yang digantung, chandelier, lampu dinding, light strip dan sebagainya. Sesuaikan penerapannya dengan gaya dan konsep rumah Anda, entah itu modern, minimalis ataupun klasik.

Pencahayaan Terarah (Task Lighting)

pencahayaan rumah paling populer 4

Jenis ini memiliki tujuan tertentu yang umumnya dapat membantu mempermudah pekerjaan penghuninya. Seperti lampu belajar di atas meja, lampu gantung di ruang kerja atau lampu di dekat kompor. Pencahayaan terarah membuat Anda terfokus, memperjelas objek dan membuat mata tak cepat lelah.

Pencahayaan Malam

pencahayaan rumah paling populer 5

Fungsi utamanya ialah untuk meredupkan cahaya di suatu ruangan dan sangat cocok diterapkan di kamar tidur modern. Untuk kamar tidur orang dewasa bisa menggunakan pencahayaan malam berceruk yang terpasang di langit-langit. Dimana ada cekungan yang didalamnya terpasang lampu. Sedangkan untuk anak-anak, khususnya yang takut gelap bisa menggunakan lampu tidur yang kini bentuk dan ragamnya bervariasi dan semakin inovatif.

Demikian sejumlah pencahayaan rumah paling populer digunakan yang bisa jadi bahan ide untuk menata ruangan di rumah. Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya untuk penempatan cahaya jika masih ragu. Tertarik untuk mencoba? Selamat bereksperimen.

Facebook Comments
311 queries in 1.706 seconds.