Ini Tips Jitu Membuat Ruang Kerja di Rumah

desain interior rumah

Ruang Kerja di Rumah – Fenomena orang yang bekerja di rumah makin hari makin meningkat. Saat ini sudah banyak profesional yang menghandle job mereka dari jauh dan dapat dikerjakan di mana saja. Seseorang tak harus terikat untuk selalu datang ke kantor karena yang diutamakan ialah kualitas pekerjaannya.

Ini merupakan salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi, perkembangan internet dan kemudahan berkomunikasi. Dengan fleksibelnya waktu dan lokasi bekerja tentu sejumlah masalah klasik seperti macet di perjalanan dapat teratasi. Namun, Anda tetap perlu media pendukung untuk membuat pekerjaan selalu optimal. Diantaranya ialah dengan membuat ruang kerja di rumah.

Mendesain ruang kerja di rumah merupakan hal penting penunjang kualitas dan semangat bekerja. Layaknya kantor Anda perlu memberikan perhatian khusus untuk menciptakan suasana kondusif dan nyaman agar produktivitas jadi maksimal. Sebelum mulai menciptakan ruang kerja, ada sejumlah tips menarik yang perlu kamu tahu dan perhatikan terlebih dahulu. Antara lain :

Letak Ruang Kerja

Hal positif bekerja di rumah ialah Anda dapat mengerjakannya dimana saja. Misalnya di kamar, ruang keluarga, ruang makan dan sebagainya. Hal ini sah-sah saja, namun jika Anda tinggal bersama keluarga ada baiknya mempertimbangkan kenyamanan bersama. Jangan sampai pekerjaan Anda justru mengganggu aktivitas yang lain.

Selain itu, jika Anda tak memiliki ruangan khusus biasanya akan memecah konsentrasi dan hasil pekerjaan jadi kurang sempurna. Supaya tetap maksimal sebaiknya manfaatkan ruang kosong yang kondusif dan bisa dijadikan ruang kerja. Tak perlu ruang yang besar, poin pentingnya hanya cukup untuk menempatkan meja dan kursi.

Peralatan Bekerja

Untuk memudahkan penyelesaian job, tentu Anda butuh sejumlah peralatan penting seperti komputer atau laptop, buku, rak untuk buku dan dokumen, telepon dan sebagainya. Semua peralatan tersebut setidaknya berada di ruang kerja Anda.

Pilihlah peralatan yang berkualitas, pas diterapkan dan nyaman digunakan. Misalnya mempertimbangkan bentuk, ukuran dan warna dari meja, kursi serta peralatan lainnya. Jika ruangan terbatas bisa memakai peralatan multifungsi untuk menghemat space.

Tata Letak dan Dekorasi

Tata letak dan dekorasi sangat mempengaruhi kenyamanan bekerja. Aturlah semenarik mungkin sesuai karakter dan selera Anda. Jika butuh ide bisa mencoba mencari referensi terlebih dahulu lewat internet atau majalah.

Perhatikan plus minus ketika Anda mengatur tata letak. Misalnya jangan meletakkan komputer atau laptop membelakangi jendela. Hal itu justru membuat mata sakit dan tak nyaman karena silau. Posisi terbaik ialah berada di samping jendela.

Begitu juga dengan dekorasi ruangan. Anda dapat memilih salah satu konsep seperti modern minimalis yang membuat ruang kerja tampak simple namun fungsional. Jika ingin membuat kesan tertentu bisa memakai sejumlah perabotan tambahan seperti pot tanaman.

Sirkulasi

Kenyamanan dalam bekerja juga ditunjang sirkulasi udara yang baik di ruang kerja. Anda dapat mengunakan ventilasi udara terbuka seperti jendela atau pemasangan AC. Jangan lupa sesuaikan dengan ukuran ruangan agar tak berlebihan atau kekurangan.

Jika ruang kerja Anda kerap kedatangan tamu atau klien akan sangat baik untuk membuat pintu khusus. Sirkulasi orang yang keluar masuk juga perlu diperhatikan agar tak mengganggu penghuni rumah.

Memasang Bulletin Board

Adanya papan ini di ruang kerja dapat difungsikan untuk menempelkan jadwal, catatan penting dan gambar yang bisa jadi alarm atau motivasi. Anda bisa membuat skala prioritas dalam menyelesaikan pekerjaan.

Ruang kerja di rumah bisa Anda desain sendiri dengan mengumpulkan banyak referensi atau berkonsultasi dengan ahlinya. Satu hal yang pasti ciptakan dan buatlah ruang kerja yang tepat sehingga memberikan banyak manfaat buat Anda. Selamat mencoba.

Facebook Comments
313 queries in 1.540 seconds.