Ini Tips Jitu Hindari Kebakaran Rumah

kebakaran rumah

Kebakaran rumah – Belakangan ini pemberitaan seputar kebakaran menjadi topik hangat di media. Khususnya kebakaran yang menimpa rumah warga, baik di kompleks perumahan maupun hunian lain dengan bangunan yang padat. Kejadian ini menimpa siapa saja tanpa pandang bulu. Misalnya saja kebakaran yang menimpa rumah milik bos PT Sampoerna beberapa waktu lalu.

Meningkatnya kasus kebakaran rumah biasanya diidentikkan dengan musim panas dan kemarau yang panjang. Hal tersebut memang benar, namun pemicu kebakaran paling sering justru terjadi dari dalam rumah sendiri. Diantaranya seperti hubungan arus pendek (korsleting), masalah pada peralatan dapur hingga kelalaian penghuni rumah.

Korsleting bisa terjadi karena kesalahan penggunaan dan minimnya perawatan pada panel listrik. Jika dua tegangan beradu akan menciptakan percikan api atau ledakan. Bila percikan tersebut bersentuhan dengan media yang mudah terbakar maka api akan cepat membesar dan terjadi kebakaran.

Selain itu, sejumlah masalah di dapur seperti tabung gas yang kurang aman juga memicu api dari dalam rumah. Percikan api juga dapat muncul dari peralatan memasak yang bersentuhan dengan media mudah terbakar. Sedangkan kelalaian penghuni umumnya berasal dari rokok atau korek api yang jadi mainan anak-anak.

Ketika sudah tahu faktor-faktor yang penyebab kebakaran di rumah akan sangat bijak jika Anda mulai melakukan tindak pencegahan. Perhatikan dengan baik kondisi listrik, peralatan dapur dan kebiasan buruk yang memicu api. Jika bingung bagaimana caranya, berikut tips menarik yang bisa membantu Anda menghindari kebakaran di rumah.

  1. Listrik di Rumah

Pastikan Anda menggunakan material listrik dengan kualitas yang terjamin. Seperti saklar, stop kontak, kabel dan sebagainya. Mutu material membawa dampak besar pada keamanan. Untuk proses instalasi percayakan pada ahlinya yang terdaftar legal di PLN.

Jangan menumpuk terlalu banyak colokan listrik pada satu tempat. Kondisi tersebut lama-kelamaan bisa memicu panas, pengelupasan material dan korsleting. Gunakanlah barang elektronik yang membutuhkan daya listrik secara wajar. Kebiasaan memakai listrik berlebihan juga bisa memicu hubungan arus pendek.

Lakukan pemeriksaan berkala pada kondisi isolasi pembungkus kabel dan material listrik lainnya. Bila ada kerusakan atau pengelupasan segera lakukan pergantian. Parhatikan juga beberapa perabotan yang tak pernah putus dari listrik seperti AC dan kulkas.

Jika ada bau gosong segera ambil tindakan dengan mematikan arus listrik terlebih dahulu. Cari penyebabnya dan atasi sebelum listrik disambungkan kembali. Terakhir jauhkan peralatan listrik dari media muda terbakar dan jangkauan anak-anak. Ketika bepergian sangat baik jika mematikan arus listrik terlebih dahulu.

  1. Peralatan Dapur

Pengguna kompor gas sangat dianjurkan untuk mempelajari dan memahami cara kerja tabung dan kompor gas. Perhatikan dengan baik pentunjuk pemakaian dan pemasangannya. Banyak tindakan sepele yang berujung maut karena kesalahan dalam memakai kompor gas. Misalnya menyolok bibir tabung dengan pisau. Bila Anda akan bepergian dalam waktu lama sebaiknya lepaskan kabel penghubung tabung gas dengan kompornya.

Ketika memasak jangan menggunakan atribut dengan banyak rumbai-rumbai. Juntaian rumbai tersebut bisa memercik api dari kompor dan sangat riskan. Tempat memasak juga sebaiknya steril dan dijauhkan dari media mudah terbakar seperti plastik, kertas, kain, kayu dan sebagainya.

  1. Jauhkan Sumber Api dari Anak-Anak

Sumber api bisa berasal dari korek api, ampas rokok yang belum benar-benar mati, lilin hingga listrik. Anak-anak biasanya kurang paham bahaya benda tersebut dan dijadikan bahan mainan. Sebaiknya hindarkan sejauh mungkin agar tak memicu percikan api.

  1. Kebiasaan Merokok

Sangat baik jika perokok memiliki ruangan khusus agar tak menimbulkan polusi di dalam rumah. Pastikan puntung rokok mati sebelum Anda meninggalkannya. Untuk asbak rokok selalu bersihkan dan jangan sampai menumpuk debu serta puntungnya. Ini beresiko memercik api kecil dari dalam asbak.

  1. Miliki Alat Pemadam Kebakaran

Pengamanan ini juga sangat penting dan dibutuhkan di rumah. Ini merupakan langkah antisipasi mencegah kebakaran dan sangat menguntungkan jika disiapkan di rumah. Letakkan alat tersebut dengan sumber api seperti dapur atau garasi. Jangan lupas periksa dan pastikan kondisi alat berfungsi dengan baik.

Facebook Comments
308 queries in 0.953 seconds.