Ini Dia Desain Rumah Bergaya Mediterania, Keren dan Elegan

Rumah memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, bukan hanya menjadi tempat berlindung yang nyaman, namun juga menjadi tempat berkumpul bersama orang-orang yang disayangi. Namun, pada sebagian masyarakat rumah tidak hanya menjadi tempat berlindung, berkumpul, dan beristirahat yang nyaman, namun juga menjadi salah satu media untuk menunjukkan status sosial seseorang dalam masyarakat. Semakin mewah desain rumah yang di bangun, maka hal itu menunjukkan bahwa status sosial orang tersebut semakin tinggi dalam masyarakat. Meskipun demkian, pastikan bahwa konsep atau desain rumah yang di pilih sudah dipertimbangkan secara matang, karena rumah adalah investasi jangka panjang, tidak hanya dari segi keuangan namun juga dari segi fungsinya sebagai tempat berkumpul dan merancang masa depan bersama keluarga tercinta.

rumah bergaya mediterania

Desain rumah keren dan elegan bergaya Mediterania via www.architectureartdesigns.com

Setidaknya, ada beberapa tips yang patut dipertimbangkan sebelum memilih desain rumah yang tepat, diantaranya kondisi geografis dan iklim daerah tersebut, meskipun hampir seluruh daerah di Indonesia beriklim tropis, namun masing-masing daerah memiliki tingkat kelembaban yang berbeda, meskipun tidak terlalu signifikan pastikan untuk mempertimbangkan hal ini sebelum memilih desain rumah yang tepat. Sesuaikan dengan gaya hidup dan alokasi budget untuk membangun rumah tersebut, setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda sesuai dengan kepribadian dan lingkungannya, karena itu pastikan memilih desain rumah yang pas dengan gaya hidup agar rumah menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat. Budget atau besarnya anggaran yang dimiliki untuk membangun rumah tersebut menjadi salah satu elemen yang sangat penting, karena itu sesuaikan pilihan desan rumah dengan besarnya budget yang dimiliki agar rumah menjadi sumber kebahagian dan bukan sumber penderitaan.

Salah satu desain rumah yang sedang populer dan banyak di pilih oleh masyarakat terutama yang tinggal di kawasan perkotaan adalah desan rumah bergaya Mediterania. Untuk di ketahui, konsep desain atau arsitektur rumah bergaya mediterania ini merupakan desain hunian klasik yang berasal dari daratan Eropa, khususnya dari Yunani, Italia, dan Spanyol. Desain rumah bergaya mediterania ini terispirasi dari kondisi geografis atau iklim daerah tersebut yang cenderung berudara sejuk dengan intensitas cahaya matahari sedang, dan terpaan angin yang cukup tinggi. Selain konsep desain rumah yang disesuaikan dengan iklim daerah tersebut, pemilihan warna-warni dekorasinya juga nampak unik serasi dengan alam di sekitarnya. Ada 3 tipe arsitektur rumah bergaya mediterania, yaitu ala Yunani, Italia, dan Spanyol, dan ketiganya memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya sedikit berbeda antara satu dengan yang lain, namun ketiganya memiliki kesamaan di mana warna-warni yang ditonjolkan dalam desain rumah tersebut mengadopsi warna alam. Lantas seperti apa desain rumah bergaya mediterania, berikut beberapa karakter khas yang dijumpai dalam desain rumah bergaya mediterania.

Ciri khas atap rumah bergaya mediterania

Model atap rumah bergaya mediterania pada umumnya menggunakan desain atap pelana atau segitiga, sedangkan pada bagian lainnya berbentuk bulat atau melingkar biasanya digunakan sebagai penutup balkon atau lantai dua.

Pilar yang terdapat di banyak sisi rumah bergaya mediterania

Umumnya desain rumah bergaya mediterania sangat menonjol dengan adanya pilar-pilar di beberapa bagian sisinya. Kehadiran pilar-pilat yang kokoh dan tinggi menjulang ini di desain sangat cantik dengan ukiran atau pahatan khusus seperti rumah-rumah tempo dulu yang banyak di jumpai di kawasan Eropa serta beberapa bangunan bersejarah peninggalan bangsa Eropa di Indonesia. Pilar-pilar ini selain mempercantik arsitektur rumah bergaya mediterania sehingga terkesan elegan dan mewah, juga merupakan penahan konstruksi bangunan rumah, tidak heran jika ketinggian pilar sangat menonjol.

Dominasi warna pada rumah bergaya mediterania

Warna-warni rumah bergaya mediterania bisa di bilang memiliki ciri khusus yang membedakan antara rumah bergaya mediterania dengan tipe arsitektur Yunani, Italia, dan Spanyol. Untuk desain rumah bergaya mediterania berarsitektur Yunani cenderung menggunakan warna putih, hijau, dan biru, yang terkesan lebih menyatu dengan alam. Sedangkan dominasi warna untuk rumah berarsitektur gaya Italia di tandai dengan warna-warna terang di setiap sudut rumah, seperti warna merah dan kuning menyala atau warna-warna lain yang dengan nuansa yang sangat menonjol. Untuk rumah berarsitektur Spanyol, meskipun di dominasi warna merah dan kuning namun lebih lembut dan tidak terlalu menyala sehingga terlihat lebih natural dan menyatu dengan alam di sekitarnya.

Desain jendela dan pintu yang khas

Ornamen yang unik dan berukuran lumayan besar menjadi ciri khas dari desain jendela dan pintu rumah bergaya mediterania. Hal ini disesuaikan dengan kondisi cuaca atau iklim daerah asal arsitektur mediterania yang cenderung berangin sehingga pintu dan jendela yang besar di buat agar sirkulasi udara mengalir lancar. Umumnya jendela berbentuk bulat, atau kotak persegi panjang dengan desain bagian atas berbentuk setengah lingkaran melengkung. Sedangkan untuk bagian pintu, terutama pintu utama mengadopsi gaya Spanyol Renaissance atau rumah klasik Eropa dengan model pintu persegi panjang di lengkapi ventilasi berbentuk persegi panjang atau setengah lingkaran.

Interior rumah bergaya mediterania yang elegan dan unik

Umumnya konsep rumah bergaya mediterania menggunakan furniture yang tergolong klasik dan elegan yang kaya ornamen, seperti sofa, meja makan, tempat tidur, lemari, serta perabotan lainnya.  Tidak hanya perabotan, pemilihan barang-barang untuk aksesoris yang menghiasi interior rumah tersebut juga kaya akan ornamen, seperti guci, vas, atau hiasan lainnya yang biasanya terbuat dari tanah liat. Ruangan dapur bergaya mediterania memiliki gaya arsitektur tersendiri yang membuatnya berbeda dengan interior dapur pada desain rumah lainnya. Dominasi warna pada dapur rumah bergaya mediterania menggunakan warna kuning tua atau putih, dan pada bagian dinding dapurnya dipasangi ubin. Untuk bagian permukaan meja dapur biasanya menggunakan material marmer, granit, atau batuan alam lainnya sehingga terkesan sangat alami, natural, dan dekat dengan alam. Untuk ornamen lainnya yang kerap di jumpai pada dapur rumah bergaya mediterania adalah keberadaan ubin lukis. Ubin-ubin yang permukaannya di lukis ini umumnya di pasang pada dinding  mempercantik area dapur karena dapur merupakan salah satu bagian penting dari rumah bergaya mediterania. Tidak heran jika dapur rumah bergaya mediterania terbilang sangat elegan dan mewah jika di bandingkan desain rumah lainnya.

(Dirangkum dari berbagai sumber).

Facebook Comments
280 queries in 5.140 seconds.