Ini Alat-Alat Canggih untuk Amankan Rumah Anda

alat pengaman rumahAlat Pengaman Rumah – Beragam hal berbahaya bisa saja terjadi di rumah yang Anda tinggali. Baik bahaya dari luar maupun bahaya dari dalam. Misalnya saja seperti pencuri, bencana hingga sejumlah perabotan rumah tangga yang mengandung racun. Semua itu perlu mendapatkan perhatian demi kemanan rumah serta penghuninya.

Apalagi jika mengingat salah satu fungsi rumah sebagai pelindung dan memberikan kenyamanan. Selain mendesain rumah yang tampak cantik, Anda juga perlu memiliki dan memasang sejumlah alat pengaman rumah. Alat-alat tersebut didesain canggih dan dapat diandalkan untuk menjaga rumah. Pemasangannya juga merupakan bentuk langkah antisipasi menghadapi bahaya yang bisa mengintai Anda dan keluarga.

Lalu alat canggih apa saja yang bisa mengamankan rumah? Jawabannya banyak dan variatif. Jika ingin tahu lebih jauh mari kita bahas satu per satu. Siapa tahu bisa jadi referensi berharga untuk hunian Anda.

Alat Canggih Anti Maling

Di era modern ini pencuri makin canggih. Untuk mengimbangi dan mengahadang mereka tentu dibutuhkan alat pengaman yang jauh lebih canggih. Berikut 2 alat canggih yang pengaman rumah yang sudah banyak beredar di pasaran.

– Sensor Detector

Cara kerjanya mendeteksi panas hingga sensor gerak dan suara dengan sistem perimeter. Ia dapat memberikan informasi dan tanda bahaya kepada pemilik rumah. Alat ini akan berbunyi layaknya alarm jika ada orang asing memasuki area tertentu. Kecanggihan alat sensor yang sensitif ini sangat efektif ketika penjaga keamanan lengah.

Salah satu jenis yang banyak digunakan ialah door sensor. Fungsinya mendeteksi gerakan mencurigakan dan upaya paksa membuka pintu. Suara alarm yang berbunyi juga bisa menciutkan nyali pelaku kejahatan untuk segera kabur.

Selain itu juga ada glass break alarm yang dipasang di jendela. Alat akan berbunyi jika ada getaran di area sekitar jendela. Satu lagi alat yang canggih ialah 3G Wireless Camera Alarm. Cakupan area yang terlindung lebih luas dan sinyal informasi akan dikirim ke pemilik via handphone berkamera yang sudah terdaftar.

– CCTV

Alat satu ini paling populer dan sudah banyak digunakan. Kamera yang terpasang di beberapa area bisa terpantau dan diawasi di satu tempat via handphone atau komputer. CCTV biasanya diterapkan pada kantor, hotel dan sebagainya. Namun tak ada salahnya memakai alat ini untuk mengamankan rumah.

Alarm Nirkabel

Alat canggih ini terhubung dengan pihak keamanan seperti pemadam kebakaran atau kepolisian. Jika terjadi kejadian buruk di rumah ia akan memberikan sinyal dan berbunyi seperti sirine. Biasanya juga dilengkapi lampu yang berkedip seperti ambulance.

Selain alarm, sangat baik jika Anda memiliki tabung pemadam kebakaran yang diletakkan di sejumlah lokasi strategis. Diantaranya seperti dapur atau kamar tidur. Jangan lupa mengikuti petunjuk penggunaan yan bernar dan merawatnya agar berfungsi di saat butuh.

Gas Detector

Sesuai namanya alat ini mendeteksi jika terjadi kebocoran gas di rumah. Ia akan mengaktifkan alarm bunyi dan mengirim sinyal kepada Anda via handphone.

Carbon Monoksida Detector

Gas tersebut tergolong racun berbahaya yang tak berwarna dan berbau. Jika terhirup bisa menyebabkan pusing, mual, kerusakan otak dan yang terparah kematian. Gas ini juga mudah terbakar jika terkena sedikit percikan api. Pemasangan alarm pendeteksi gas ini merupakan solusi tepat melindungi penghuni rumah.

Earthquake dan Liquid Detector

Earthquake detector merupakan alarm untuk mendeteksi gempa. Biasanya dipasang pda daerah rawan gempa dan jadi pertanda untuk penghuni bersiap menyelamatkan diri. Sedangkan liquid detector adalah alat canggih mendeteksi kebocoran rumah. Termasuk mendeteksi banjir yang terjadi kala musim hujan.

Selain alat-alat canggih di atas, ada sejumlah alat pengamanan rumah yang keren dan masih dalam perkembangan. Satu diantaranya ialah pintu pintar yang dibuka menggunakan sidik jari. Alat ini akan  menggantikan fungsi kunci manual dan penerapannya akan terhubung dengan smartphone. Teknologi benar-benar memudahkan jika digunakan secara positif. Bagaimana sudah temukan alat tepat pengaman rumah Anda?

Facebook Comments
309 queries in 1.963 seconds.