Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Karpet Rumah

contoh karpet rumah

Karpet rumah – Kata karpet berasal dari bahasa Italia yang bermakna membului. Banyak alasan mengapa Anda perlu menggunakan benda satu ini di rumah. Bahkan meski rumah berada di kawasan beriklim tropis. Untuk lebih jelasnya berikut sejumlah fungsi dan manfaat karpet rumah yang perlu Anda ketahui.

Pelindung lantai dan Furniture

Furniture seperti meja ataupun kursi jika bergesekan dengan lantai lama-kelamaan akan meninggalkan bekas. Bisa berupa goresan hingga lubang kecil yang tentu kurang sedap dipandang. Adanya karpet dapat menjadi media pelindung antara furniture dan lantai.

Peredam Kebisingan

Pemasangan karpet di rumah bisa difungsikan sebagai peredam suara bising. Suara umumnya berasal dari alat elektronik seperti televisi, radio, teriakan maupun derap langkah kaki. Karpet dapat menyerap suara dan membuat suasana lebih tenang. Karpet juga meredam kebisingan antara lantai satu dan dua yang biasanya terdengar.

Kenyamanan Berjalan

Karpet memberikan sensasi sentuhan tersendiri ketika bersinggungan dengan kaki. Mereka yang berjalan di atas karpet biasanya lebih merasa nyaman ketimbang bersentuhan langsung dengan lantai. Apalagi jika karpet rumah memiliki tekstur lembut dan empuk.

Pencipta Suasana

Saat ini karpet sudah memiliki banyak variasi, model dan motif. Penempatannya bisa turut mempercantik sebuah ruangan dan menciptakan suasana. Misalnya karpet dengan motif bunga-bunga yang bisa membangun kesan romantis di sebuah ruangan. Selain itu, karpet juga bisa jadi titik fokus untuk mencuri perhatian mata.

Keamanan

Fungsi lain dari penggunaan karpet rumah ialah melindungi penghuninya dari bahaya terpeleset. Jika Anda terjatuh di atas karpet tentu mengurangi rasa sakit dan cidera. Hal ini karena karpet memiliki tekstur empuk dan lembut.

Penerapan karpet juga mengurangi kehawatiran bagi Anda yang memiliki balita. Karpet dapat bermanfaat sebagai tempat bermain anak-anak yang hangat, aman dan menyenangkan.

Awet dan Mudah Perawatan

Karpet cenderung lebih awet jika dibandingkan dengan ubin. Apalagi jika diperhatikan perawatannya. Selain itu, karpet jauh lebih mudah dibersihkan. Ketika kotor Anda hanya perlu menggunakan mesin penyedot debu yang banyak beredar di pasaran.

Perawatan karpet umumnya dilakukan dengan tiga cara. Diantaranya menggunakan vacum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran kecil. Teknik spotting dengan mesin khusus untuk menghilangkan noda membandel. Serta shampoing yang dilakukan sekitar 3 bulan sekali untuk mengangkat semua kotoran dan bau yang menempel pada karpet rumah.

Beragam manfaat karpet tersebut akan maksimal jika Anda tahu jenis karpet yang sesuai dan tatanan dekorasinya. Di Indonesia karpet berbahan nilon, akrilik atau wol cocok dijadikan pilihan. Harganya pun sangat bervariasi dan Anda dapat memilih dari yang murah hingga mahal, tergantung kualitasnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan ialah sesuaikan jenis, motif dan ukuran karpet dengan kondisi rumah Anda. Jika tidak yang tercipta justru kesan panas, sempit dan kurang nyaman. Untuk itu perhatikan selektiflah memilih karpet dan perhatikan bagaimana keadaan ruangan di rumah Anda.

Secara umum karpet biasa diterapkan di ruang tamu, kamar tidur dan ruang keluarga. Jika ruangan tersebut berukuran kecil gunakanlah karpet yang kecil juga. Usahakan ujung karpet tak sampai bersentuhan dengan dinding. Tentang warna dan motif sangat baik jika selaras dengan interior ruangan dan jenis lantai.

Tren saat ini karpet bergaya minimalis, oriental dan berukuran kecil paling banyak diminati. Jika Anda ingin menerapkan karpet rumah setidaknya perlu tahu ragam jenis yang kini beredar di pasaran. Jenis-jenis karpet dibedakan menjadi 3 bagian yakni dari bentuknya, dari konstruksinya dan dari motifnya. Sesuaikan pembelian dengan kebutuhan Anda.

Facebook Comments
313 queries in 1.800 seconds.