Ini 5 Material Dinding Dapur Paling Populer

Material dinding dapur – Saat bertamu, pernahkah Anda memperhatikan material dinding dapur pada rumah tersebut? Jika ya, material apa yang paling sering Anda jumpai. Ya, di artikel kali ini Urban Kompas akan berbagi jenis material yang populer digunakan untuk dinding dapur.

Dinding dapur atau kerap juga disebut backplash merupaka salah satu elemen penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebagai pelindung dinding dari berbagai kotoran atau cipratan, material yang digunakan haruslah mudah dibersihkan, simple perawatannya dan awet. Tak hanya itu, penggunaan material yang tepat juga bisa jadi daya tarik dan membuat dapur tampak menawan.

Nah dari beragam material tersebut, ada 5 jenis yang paling diminati masyarakat. Apa sajakah itu? Yuk langsung saja simak ulasan menarik di bawah ini:

1. Keramik

Material Dinding Dapur keramik

 

Material yang paling populer dan banyak digunakan masyarakat ialah keramik. Dinding dapur berlapis keramik jadi primadona karena sangat variatif. Baik itu motif, bentuk dan ukuran bisa dipilih sesuai selera. Keramik tampak sangat bisa membuat dapur tampak manis dan bersih. Perawatannya juga sangat mudah karena Anda hanya perlu menggunakan lap basah untuk menghilangkan noda membandel. Selain itu, harga dinding dapur keramik juga cukup terjangkau.

2. Granit dan Marmer

material bahan dapur Granit dan Marmer

Jika ingin dapur terkesan mewah dan elegan, bisa memakai material dari bahan granit dan marmer. Kedua material ini sangat awet, keras dan memiliki ketebalan hingga 2 cm. Karena banyak diminati, granit dan marmer juga memiliki motif yang cukup variatif. Sebelum diterapkan, keduanya harus dipoles terlebih dahulu memakai mesi khusus. Granit dan marmer juga perlu dilapisi cairan coating untuk menciptakan efek mengkilap pada tampilannya.

3. Kaca

material bahan dapur kaca

Dinding dapur atau blackplash dari kaca juga cukup digemari masyarakat. Jenisnya beragam dan Anda bisa memilih sesuai selera. Misalnya kaca yang memberikan efek memantulkan cahaya, kaca berwarna atau kaca buram. Anda pun bisa memilih sejumlah jenis sekaligus untuk menciptakan dapur cantik idaman.

Material satu ini sangat cocok jika diterapkan pada dapur dengan lahan terbatas atau minimalis. Alasannya karena pantulan kaca bisa memberikan kesan luas di ruangan. Tampilannya juga tampak memukau jika didesain dengan tepat.

4. Stainless Steel

material bahan dapur Stainless steel

Material satu ini juga cukup populer dan digandrungi saat ini. Dinding dapur dari stainless steel memiliki sejumlah keunggulan yang sukses menarik perhatian publik. Dari segi kualitas, stainless steel anti karat, anti rayap dan tahan segala cuaca. Dari segi penampilan cukup berkelas, terkesan rustic, identik dengan hunian modern dan industrial.

Penggunaannya juga simple karena perawatan dan membersihkannya sangat mudah. Tak hanya itu, dari sisi harga dapur berdinding stainless steel cukup terjangkau.

5. Papan Tulis

material bahan dapur papan tulis

Dinding dapur yang tak kalah populernya sekarang ialah dari material papan tulis, atau kerap disebut chalkboard. Material ini memberikan fungsi ganda yang menarik pada ruangan dapur. Mulai dari desain yang unik, pelindung yang baik hingga mengasah kreativitas. Dengan menerapkan dinding dapur papan tulis, akan memberi kesan playful pada ruangan.

Layaknya sebuah papan, Anda bisa menggambat, menulis resep baru, membuat pesan dan sebagainya. Jika ingin mengganti coretan bisa dihapus memakai lap basah. Tak perlu khawatir soal cipratan noda dna kotoran. Dinding dapur papan tulis mudah dirawat dan dibersihkan.

Nah, dari kelima material dinding dapur di atas mana yang menarik buat Anda? Anda bisa mencobanya untuk mendekorasi ulang dapur di rumah.

Facebook Comments
315 queries in 1.659 seconds.