Daftar Resort di Sumatera Barat

Sumatera Barat, terletak di pesisir barat bagian tengah Pulau Sumatera yang terdiri dari dataran rendah di pantai barat dan dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan, deretan bukit yang membentang di sepanjang daerah Pulau Sumatera. Selain wilayah daratan yang dikelilingi oleh pegunungan dan hutan tropis, di Sumatera Barat terdapat sejumlah pulau di lepas pantainya, yang sebagian dari pulau tersebut sudah sangat terkenal namanya hingga ke mancanegara. Seperti halnya daerah lain di Indonesia, iklim di Sumatera Barat secara umum adalah tropis dengan suhu udara yang cukup tinggi, yaitu antara 22,6 – 31,5 derajat celcius, dan karena berada dalam lingkaran pegunungan, suhu udara beberapa kota di Sumatera Barat juga beriklim sangat sejuk. Selain beriklim tropis dan sejuk, provinsi ini juga dilewati oleh garis khatulistiwa, tepatnya di Bonjol, Pasaman.

Resort di Sumatera BaratDengan lokasi yang dikelilingi pegunungan dan pulau-pulau di lepas pantainya, Sumatera Barat sangat terkenal sebagai salah satu tujuan pariwisata di Indonesia yang namanya sudah sangat populer hingga ke mancanegara. Bahkan, beberapa tempat wisata secara khusus di bangun agar pengunjung atau wisatawan bisa mengeksplorasi dan menikmati alam yang berada di sekitarnya, karena Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya dengan sumber keanekaragaman hayati. Untuk lebih memantapkan Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang terbesar di Indonesia, maka di beberapa kota di daerah ini telah dibangun beberapa tempat wisata yang memiliki fasilitas khusus, yaitu resort. Berikut 7 Resort terbaik di Sumatera Barat yang namanya sangat terkenal hingga ke mancanegara.

  1. Nuansa Maninjau Resort. Resort ini terletak di Ambun Pagi, Matur Mudik Kabupaten Agam, Bukittinggi. Hotel berbintang tiga dengan bangunan yang berinterior sangat unik ini dikelilingi suasana alam pedesaan yang asri dan tenang, berpadu dengan pemandangan Danau Maninjau yang memukau dan sangat indah. Danau Maninjau merupakan objek wisata yang sangat populer di Sumatera Barat bahkan di Indonesia, yang kerap menjadi tujuan wisata utama baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Di resort ini, tersedia fasilitas penginapan yang lengkap dan fasilitas olahraga lainnya yang sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai dan beristirahat bersama keluarga.

    Nuansa Maninjau Resort

    Gambar : pelangiholiday.com

  2. Parai Mountain Resort, Bukittinggi. Resort ini dibangun di atas bukit dengan luas keseluruhan 2,5 hektar, dengan lokasi yang berhadapan dengan Gunung Singgalang dan Gunung Merapi. Resort ini menawarkan penginapan disertai fasilitas pendukung lainnya yang sangat cocok untuk kegiatan atau aktivitas menikmati alam terbuka, dengan panorama yang indah di atas bukit yang hijau dan berudara sejuk. Resort ini memiliki jarak tempuh kurang lebih 2 jam dari Bandara Internasional Minangkabau dan kurang lebih 7 Km dari pusat kota Bukittinggi.

    Parai Mountain Resort Bukittinggi

    Gambar : http://parai-bukittinggi.com

  3. Cubadak Paradiso Village. Resort ini berada di Pulau Cubadak yang merupakan salah satu dari banyaknya pulau-pulau kecil yang mengelilingi daerah di Sumatera Barat. Pulau ini masuk dalam kawasan daerah Kabupaten Pesisir Selatan, yang dikenal merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Barat. Dengan menginap di resort ini, Anda bisa menikmati spot-spot yang menarik untuk Diving dan Snorkeling.

    Cubadak Paradiso Village Resort, Sumatera Barat

    Gambar : http://www.cubadak-paradisovillage.com

  4. Sikuai Island Resort. Resort ini berada di Pulau Sikuai yang memiliki jarak tempuh sekitar 45 menit dari Pelabuhan Muaro Padang, dan untuk menuju ke resort ini disiapkan kapal khusus dari pelabuhan tersebut. Luas keseluruhan dari pulau ini adalah 44,4 hektar di mana 2,4 hektar diperuntukkan untuk resort dan sisanya adalah hutan alami dan pantai pasir putih. Di resort ini terdapat 21 cottage dan 9 ruangan di Long Building dengan total 54 ruangan dan terbuat dari kayu. Bangunan di resor ini merupakan perpaduan dari gaya rumah minangkabau dan rumah mentawai, dan dari resort ini terlihat Pulau Sumatera, Perkampungan Pantai Pisang, dan Pulau Pasumpahan.

    Sikuai Island Resort

    Gambar : https://sikuaiislandresort.files.wordpress.com

  5. Anai Resort and Golf. Resort seluas 400 hektar ini terletak di kaki Gunung Tandikat yang berada pada ketinggian 600 – 700 meter di atas permukaan laut, sehingga berudara sangat sejuk dan segar. Lokasi resort ini dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan atau berjarak sekitar 40 Km dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Kota Bukittinggi. Selain menawarkan fasilitas resort dan lapangan golf kelas internasional, resort ini juga kaya akan pemandangan alam yang indah, sehingga sangat cocok menjadi tempat bersantai sambil bercengkrama bersama keluarga tercinta.

    Anai resort and golf

    Gambar : anairesort-golf.com

  6. Botik Resort Mentawai. Resort yang berada di kepulauan Mentawai ini sangat cocok bagi penggemar olahraga surfing, karena memiliki ombak yang sangat menantang. Selain olahraga surfing, wisatawan yang berkunjung ke resort ini juga dapat menikmati fasilitas lainnya, seperti tour keliling pulau dan lain-lain, yang kesemuanya bertujuan mengeksplorasi keindahan Kepulauan Mentawai.

    Botik Resort Mentawai

    Gambar : http://mentawaikab.go.id

Sumatera Barat memang terkenal dengan keindahan alamnya serta banyaknya objek-objek wisata tersembunyi yang belum dieksplorasi, namun ada beberapa objek wisata yang karena keindahan alamnya serta potensi yang dimilikinya sehingga layak untuk dibangun sebuah resort yang bukan hanya menawarkan tempat untuk bersantai dan beristirahat semata, juga tempat untuk menyalurkan hobi sekaligus bercengkrama bersama keluarga.

(Dirangkum dari berbagai sumber).

Facebook Comments
282 queries in 5.565 seconds.