Chalkboard Wall Bikin Rumah Lebih Hangat dan Playful

Dinding chalkboard

Dinding chalkboard – Bosan dengan motif wallpaper atau cat dinding yang itu-itu saja. Atau ingin mencoba hal baru untuk membuat rumah makin hangat dan playful. Ada banyak ide menarik yang bisa diterapkan. Satu diantaranya ialah menggunakan chalkboard pada dinding rumah Anda.

Chalkboard atau disebut juga dinding papan tulis merupakan cara baru membuat suasana di rumah jadi lebih menyenangkan. Layaknya papan tulis Anda bisa menggambar dan menuliskan apapun sesuka hati. Seperti quote motivasi, meneskpresikan suasana hati dan sebagainya. Hasil karya Anda bisa dibuat permanen dengan kuas tipis dan cat atau bisa dihapus dan diganti baru jika sudah bosan.

Selain untuk seru-seruan, dinding chalkboard juga bisa meningkatkan kreativitas penghuni rumah. Sangat cocok jika diaplikasikan pada dinding kamar anak atau di spot lain seperti ruang keluarga agar tampak ekspresif dan unik. Chalkboard sekaligus menjadi media belajar yang baik untuk anak-anak di rumah.

Tempat lain yang tak kalah menariknya untuk menggunakan dinding chalkboard ialah dapur. Di spot rumah yang paling banyak dikunjung tersebut chalkboard bisa sangat bermanfaat. Misalnya untuk menulis menu, pesan, membuat cheklist, pengingat dan memo-memo kecil lainnya. Jika dulu orang kerap menempelkan pesan di kulkas lewat kertas, maka chalkboard adalah cara modern yang lebih berseni. Sangat menarik kan? Jika Anda ingin membuat dinding chalkboard ikuti tips-nya di bawah ini.

Tips Membuat Dinding Chalkboard di Rumah

Tips Membuat Dinding Chalkboard di Rumah

Untuk menciptakan dinding chalkboard sangatlah mudah. Material bahannya bisa Anda dapatkan di toko bahan banguan terdekat. Sejumlah bahan dan peralatan yang diperlukan antara lain:

– Roller atau kuas dinding

– Nat bubuk

– Cat latex dengan warna gelap sesuai selera (misal putih atau hitam)

– Ember untuk mengaduk dan mencampur semua bahan

– Alat pengaduk pada ember

Setelah semua bahan telah siap jangan lupa membersihkan tembok yang akan dijadikan chalkboard terlebih dahulu. Bebaskan dinding dari debu, minyak dan kotoran lain yang menempel. Pakailah sabun cuci jika memang diperlukan dan bersihkan dari atas ke bawah. Kemudian ikuti langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Campurkan cat latex dengan nat

Langkah awal encerkan cat dengan air sesuai petunjuk dalam kemasan cat. Lalu masukkan nat ke dalam cat dengan takaran 1 banding 8. Dimana 1 bagian nat untuk 8 bagian cat. Untuk skala kecil bisa menggunakan takaran 2 sendok makan nat dan secangkir cat cair. Aduk hingga benar-benar rata agar tak menggumpal saat diaplikasikan. Bila hendak mengecat dinding yang cukup besar bisa memakai mixer untuk kemudahan pekerjaan Anda.

  1. Pengecatan

Terapkan cat yang sudah diolah pada dinding secara merata di lokasi yang diinginkan. Agar hasil maksimal ulangi pengecatan hingga 2 kali. Di bagian pinggir pakailah kuas kecil untuk meratakan dan bagian lain bisa memakai roller atau kuas besar.

  1. Proses Pengeringan

Jeda antara pengecatan pertama dan kedua kurang lebih ialah 3 jam. Jika sudah selesai tunggulah cat mengering sempurna sekitar 3 hari.

Setelah itu, papan tulis atau dinding chalkboard Anda sudah siap digunakan dan berkreasi sebebasnya. Jika ingin menghapus dan mengganti tulisan atau gambar di dinding gunakan lap microfiber. Caranya cukup membasahi lap, lalu memerasnya hingga tak ada tetesan air. Gosokkan pada dinding chalkboard hingga bersih.

Jika dinding chalkboard Anda berada di dapur jangan lupa mengamankan makanan dan peralatan disekitar dinding terlebih dahulu. Bagaimana seru dan mudah kan tips-nya? Selamat mencoba.

Facebook Comments
286 queries in 1.574 seconds.