Cara Memilih Jenis Lantai Rumah dengan Cermat

 

floorLantai merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu rumah, yakni sebagai tempat dimana kita berpijak. Dalam memilih lantai tidak bisa sembarangan dan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan tidak dapat Anda singkirkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lantai rumah Anda.

Lokasi
Dimana ruang yang akan Anda pilih keramiknya? Apakah di dapur? Di kamar mandi? Atau ruang tamu? Berbeda ruangan memerlukan jenis lantai yang berbeda. Ada jenis yang baik untuk di tempat yang lebih lembab seperti kamar mandi, bebrapa lebih tahan ditempat yang memiliki insentitas pemakaian yang lebih tinggi seperti dapur. Biasanya untuk kamar mandi, ruang cuci, dan dapur menggunakan lantai jenis keramik. Sedangkan untuk kamar, ruag tamu dan ruang keluarga selain menggunakan lantai berjenis keramik, juga dapat menggunakan lantai berjenis kayu, vinyl ataupun karpet. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual jenis lantai mana yang cocok untuk suatu ruangan.

Estetika
Keindahan merupakan salah satu yang terpenting yang harus dipertimbangkan. Lantai yang Anda pilih akan Anda gunakan dalam waktu yang sangat lama dan Anda akan hidup dengan jenis lantai yang sama selama waktu tersebut. Maka dari itu pastikan Anda memilih lantai yang tak hanya fungsional namun juga sesuai dengan selera penguni rumah.bolcekova-cityscapes6ba79a21643a4a7490a8fa5c3cb7554e

Gaya hidup
Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah lalu lintas dan intensitas penggunaan Anda disuatu ruang, dimana sangat variatif di berbagaii wilayah dirumah. Pertimbangkan apakah Anda memiliki anak-anak? binatang peliharaan? Pastikan pilihan jenis lantai rumah Anda dapat menopang gaya hidup penghuni rumah.

 

Ketahanan
Berapa lama Anda berencana untuk lantai Anda bertahan? Beberapa lantai perlu diganti lebih cepat dari jenis lantai yang lain seperti karpet yang biasanya lebih baik diganti setap sepuluh tahun meskipun dapat bertahan hinggal tiga puluh tahun lamanya. Sepuluh tahun merupakan waktu yang sangat singkat untuk Anda mengganti lantai oleh karena itu sangat penting utntuk Anda mengatahui kira-kira kapan Anda perlu mengganti lantai Anda sebelum memilih.

Pemeliharaan
Seiring dengan ketahanan berbagai jenis lantai perawat yang dilakukan juga berbeda-beda tiap jenis lantai. Misalnya untuk lantai kayu perlu diampelas dan dipernis setiap beberapa tahun. Karpet harus di vacuum untuk menghilangkan debunya dan kadang disikar hingga bersih. Sedangkan lantai keramik dan marmer dapat disapu dan dipel setiap hari dan dijaga agar tidak basah dan licin.

Anggaran belanja
Sesuaikan keramik yang akan Anda pilih dengan anggaran belanja Anda. Akan ada perbedaan yang besar dalam biaya antara pilihan lantai. Oleh karena itu penting untuk Anda mempertimbangkan anggaran yang rasional sebelum memilih jenis lantai yang akan digunakan. Sebelumnya penting untuk mengetahui jenis lantai dalam ruangan Anda.

Selain beberapa hal diatas, pilihlah semua dengan hati dan tidak secara sepihak, cobalah diskusi dengan penghuni rumah yang lain. Kemudian jangan terburu-buru dan coba cari di berbagai toko yang memiliki lebih banyak pilihan dengan kemungkinan harga yang lebih murah. Terakhir pertimbangankan pula waktu dan pengerjaannya mana yang lebih membutuhkan waktu yang lebih banyak dan mana yang tidak. Beberapa jenis lantai membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak yang memungkinkan Anda mengeluarkan lebih banyak uang tambahan untuk menggaji tukang.

Facebook Comments
285 queries in 1.259 seconds.