Cara Kreatif Mengecat Dinding Ala Wallpaper Dengan Roller Motif

Cara Kreatif Mengecat Dinding Ala Wallpaper Dengan Roller Motif

Roller motif – Pemasangan wallpaper merupakan salah satu cara jitu mempercantik dinding rumah Anda. Dibanding memakai cat, wallpaper jauh lebih efisien, punya banyak pilihan warna serta motif dan terlihat sedap dipandang. Namun sayangnya meski terus mengalami penurunan harga, wallpaper kurang ekonomis alias harganya lebih mahal dari cat dinding biasa.

Tapi sekarang Anda tak perlu khawatir lagi karena sudah banyak tersedia roller motif (stamp roll) ala wallpaper untuk mengecat dinding. Jadi tinggalkan cara lama yang harus membuat stensil dan mural di dinding terlebih dahulu.

Di pasaran roller motif yang juga dikenal dengan patterned paint roller sudah memiliki bermacam-macam corak. Anda dapat memilih roller dengan motif yang sudah umum tersedia atau memesan corak khusus sesuai keinginan Anda. Dengan teknologi yang semakin canggih produsen dapat dengan mudah membantu Anda berkreasi dan mengecat dinding seindah mungkin.

Cara menggunakannya sangat mudah seperti membuat cap stempel pada kertas. Namun jika ingin hasil yang maksimal simak informasi menarik berikut ini. Secara umum roller motif terbagi jadi 3 jenis yakni roller pin tunggal, double dan triple. Semakin banyak roll pin maka penerapannya semakin praktis.

Roller pin tunggal

Ini jenis yang paling simple karena caranya serupa dengan roller biasa. Pertama siapkan cat yang sebelumnya sudah diencerkan dengan thinner. Tuang cat sedikit ke baki lalu tempelkan merata dan tipis-tipis pada roller motif. Kemudian terapkan ke dinding dan lakukan cara yang sama hingga memperoleh hasil yang diinginkan.

Meski modelnya paling simple, roller pin tunggal membutuhkan ketelitian untuk bolak-balik mengecat dan menghafal susuan motif agar terlihat berkesinambungan. Jika tidak tentu akan berantakan hasilnya.

Roller pin double

Dari bentuknya roller motif ini memiliki 2 rol pin sejajar atas dan bawah. Roll pertama di bawah digunakan untuk menempelkan dan menyimpan cat dari baki. Sementara roller di atas berfungsi mengaplikasikan motif ke dinding. Berhati-hatilah karena tetap beresiko berantakan jika sembarangan. Namun roller pin double cenderung lebih aman dan praktis ketimbang pin tunggal.

Roller pin triple

Ini model yang paling simple dan kompleks. Ada 3 roll pin dengan baki untuk menyimpan cat yang terpasang dalam satu roller motif. Dua roll pin di bawah fungsinya mengambil cat di baki sementara satu roll teratas menerapkan motif ke dinding.

Kelebihan jenis ini antara lain, meminimalisir kelebihan cat di roller kedua dan memperbanyak cadangan cat di baki tanpa harus bolak-balik mengisi ulang. Ini tentu mempengaruhi hasil yang jauh lebih rapi. Selain itu baki sendiri terbagi menjadi dua yang dapat mengaplikasikan 2 warna berbeda sekaligus pada dinding.

Pastikan dinding sudah dicat dengan warna netral terlebih dahulu sebelum mengunakan roller motif. Serasikan warnanya dengan cat motif yang akan digunakan. Jika mengecat di tempat tinggi perhatikan detail motif agar hasilnya bisa presisi. Saat mengecat sudut terbaik ialah 45 derajat dengan tekanan pas. Jangan terlalu menekan dan jangan terlalu mengambang atau ringan.

Untuk mendapatkan roller motif sangat mudah karena sudah beredar luas baik di pasaran online maupun offline. Merek yang ditawarkan juga beragam, jadi sesuaikan dengan kebutuhan serta budget Anda. Harga alat ini berkisar Rp 200 ribu ke atas. Semakin kompleks model dan mudah penerapannya maka akan semakin mahal. Namun, Anda hanya perlu sekali membeli roller pin sedangkan motif atau corakynya bisa digonta-ganti sesuai selera. Siap mempraktekkannya? Selamat berkreasi.

Facebook Comments
283 queries in 1.313 seconds.