7 KUNCI SUKSES MENGATUR KEUANGAN

Sukses mengatur keuangan akan mengantarkan kita pada kehidupan finansial yang lebih baik, bahkan untuk jangka panjang bisa meraih kebebasan finansial (Financial Freedom). Tetapi kenyataannya banyak orang yang mengalami kesulitan ketika harus mengatur keuangan.  Bahkan sebagian orang merasa kebingungan setelah melihat tagihan yang menumpuk setiap bulan dan tidak mengetahui kemana larinya semua pendapatan yang telah diterima sehingga tidak mencukupi untuk membayar tagihan tersebut.

Pendapatan yang terus meningkat jika tidak diiringi pengelolaan keuangan yang baik tentu akan berdampak pada semakin tidak terkontrolnya pengeluaran yang sesungguhnya tidak penting. Sehingga tidak nampak perbedaan antara pendapatan yang sekarang dengan yang lalu, karena tagihan tetap menumpuk bahkan semakin bertambah.  Pengendalian diri atau kontrol diri sesungguhnya merupakan pondasi awal untuk membuka kunci sukses mengatur keuangan. Karena itu dalam kesempatan ini mari kita berbagi 8 kunci sukses mengatur keuangan secara sederhana.

  1. Membuang Anggaran

Buatlah anggaran dan disiplin terhadap pengeluaran. Kita harus membuat daftar pengeluaran secara terperinci berapa besar tagihan bulanan yang harus dibayarkan secara rutin seperti tagihan listrik, air PAM, tagihan kartu kredit, tagihan pembayaran kredit rumah, SPP anak sekolah, dan lain-lain.  Bayarlah tagihan tersebut sebelum jatuh tempo untuk menghindari beban denda yang justru akan menambah pengeluaran.

 

rsz_31

2. Menabung

Memulai menabung atau meningkatkan uang yang ditabung.  Sebaiknya uang yang kita dapat dari bekerja langsung kita sisihkan untuk dimasukkan ke dalam tabungan, karena jika menunggu sisa anggaran pengeluaran keinginan menabung tidak akan pernah berhasil.  Selain itu, pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran rutin setiap bulan.

 

2

 

3. Mengurangi beban hutang

Kurangi hutang-hutang tidak produktif karena akan menambah beban anggaran pengeluaran setiap bulan, bahkan kerap terjadi akibat hutang yang tidak produktif pendapatan nyaris selalu minus di akhir bulan.

card

4.  Membayara hutang

Membayar hutang, contohnya hutang kartu kredit, usahakan membayar secara penuh setiap bulan untuk menghindari beban bunga yang lebih besar jika membayar dengan minimum pembayaran, dan bijaklah menggunakan kartu kredit sesuai dengan kemampuan kita untuk membayar, karena kartu kredit bukanlah P3K untuk masalah keuangan kita.

budget

5. Asuransi

Miliki asuransi yang cukup dan pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kita untuk membayar preminya.  Asuransi ini penting untuk membantu mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan finansial kita di masa pensiun.

 

36.  Investasi

Berinvestasi merupakan cara mengatur keuangan yang baik untuk masa depan.  Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan jasa yang menawarkan investasi. Konsultasikan keinginan Anda untuk berinvestasi dengan orang yang tepat, agar investasi yang Anda tanamkan tidak sia-sia dan pahami resiko yang mungkin terjadi akibat investasi tersebut.

 

4

 

7.  Penghasilan Sampingan

Perlu dipertimbangkan mencari penghasilan sampingan sebagai tambahan pendapatan untuk membantu mengisi pos-pos anggaran menabung, membayar asuransi, atau investasi, serta untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

income

 

Mengatur keuangan bukan berarti kita harus hidup susah atau hidup dalam keterbatasan. Mengatur pengeluaran merupakan cara untuk menyeimbangkan pengeluaran untuk memenuhi beberapa tujuan yang ingin dicapai, termasuk tujuan masa depan.  Disiplin dan konsisten, merupakan awal kunci sukses mengatur keuangan, dan mulailah mengatur keuangan dari kebutuhan yang paling dasar dan paling penting, yaitu mengelola arus kas, dan dilanjukan dengan rencana-rencana keuangan berikutnya sesuai dengan tujuan keuangan yang ingin dicapai di masa depan.

 

 

Facebook Comments
312 queries in 0.925 seconds.