10 Tips Menentukan Warna Cat Dinding Rumah

Berbicara tentang warna terkadang kita merasa bingung dalam menentukan warna favorit kita dan mana yang lebih disukai. Sebagian besar orang menyukai lebih dari satu warna dan tak jarang malah menyukai hampir semua jenis warna.  Warna favorit seseorang belum tentu cocok untuk di aplikasikan pada warna dinding rumah. Warna tertentu akan menghasilkan suasana dan mood tertentu. Jadi mungkin ada pentingnya untuk menentukan mood yang akan dimiliki suatu ruangan sebelum menentukan warna apa yang bagus. Selain itu ada beberapa tips lain dalam menentukan warna cat dinding, berikut 10 tips menentukan warna cat dinding rumah

Warna dari motif favorit
Jika anda memiliki motif kain favorit dari bantal kursi, gorden atau karpet anda dapat memilih salah satu warna diantara motif tersebut untuk dinding anda. Cara ini adalah cara termudah untuk memberikan perpaduan yang pas pada ruangan.range-68838_640

Pilih warna dari Color Wheel
Menggunakan color wheel untuk menentukan warna komplementer antara satu dan yang lain. Penggabungan antara warna sejuk dan hangat akan memberikan keseimbangan yang sangat  menyenangkan. Berbagai macam color wheel dapat Anda unduh dan instal lewat smartphone secara gratis, selain itu biasanya dari berbagai merk cat juga  menyediakan color wheel yg dapat Anda pilih sendirj di toko.

Mulailah dari pusat rumah
Ruang dimana hampir semua orang dapat lihat dan datangi, kemudian dari sana warna lain biasanya ikut berkembang. Jadi warna antar ruang akan berkaitan dan senada dengan satu ruang sebagai pusat dari kegiatan.

Intip lemari Anda
Lihat dari semua baju Anda warna apa yang paling banyak dan sering Anda pakai. Warna tersebut pasti merupakan warna paling nyaman bagi Anda. Anda juga dapat mulai mencoret warna yang tidak ada dilemari Anda dari daftar warna cat dinding Anda, karena dapat dipastikan Anda tidak akan merasa betah pada ruangan tersebut. Jika Anda tidak punya baju merah maka jangan sampai Anda mengecat merah kamar Anda.

e9fa69ccc0491865fb904b51896c7769

1af7f9b762b9fa7f0364d642909f2c4b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buatlah panel inspirasi Anda sendiri
Cari gambar-gambar inspiratif kemudian kumpulkan jadi satu. Saat ini Anda bisa menggunakan website seperti Pinterest atau Houzz untuk membuat satu folder berisi inspirasi secara online dan mudah. Referensi-referensi tersebut dapat Anda bagikan ke orang lain lewat social media dan dapat diakses lewat desktop maupun smartphone dengan sangat mudah.

Warna utama dan warna aksen
Mulailah memilih warna utama untuk dijadikan dasar ruangan kemudian Anda dapat memilih warna tambahan yang akan muncul disuatu sudut sebagai aksen pada ruangan.

image31c858ca6926cedbc28ede619e4a9034

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pola berwarna
Agar warna dirumah Anda tidak monoton dan memiliki lebih banyak warna, tambahkan texture seperti wallpaper kemudian buatlah warna-warna sesuai yang ada pada wallpaper tersebut.

Coba untuk spontan
Lupakan aturan dan mulai memilih. Terkadang terlalu banyak yang Anda pikirkan membuat pilihan tak kunjung dapat ditentukan. Spontanitas juga akan sangat menyenangkan dan dengan cara seperti itu malah membuat warna rumah Anda menjadi suatu yang tak terduga.

Tidak harus jadi trendy
Ikuti kata hati Anda dan kepribadian Anda. Jangan memaksakan suatu yang sedang trend untuk digunakan pada dinding Anda seperti warna putih ala gaya Scandinavian. Jika Anda seorang yang ceria warna neon juga mungkin dapat digunakan pada ruangan dengan furniture motif yang juga menyala akan membuat suasana ruangan segar dan menunjukan jiwa muda Anda.

Konsultasi dengan sahabat
Mintalah saran dari seorang teman. Mungkin dengan sudut pandang orang lain akan tercipta suasana yang diluar prediksi Anda. Rasa bosan akan dengan mudah tersamarkan dan suasana yang benar-benar baru akan Anda dapatkan. Ajak teman Anda berkunjung kerumah dan ikut berpartisipasi dalam mengecat dinding Anda. Teman yang baik akan sangat senang untuk ikut membantu dan tentu saja pekerjaan akan lebih ringan jika dilakukan dan dipikirkan bersama-sama.

 2071bb01fa6c3c95cc1ee200b746cc0a 634000e50641a043472c64e0e8d599d9  f0dab06caf10c0b24f9ff686d9c4e647

Itu dia 10 tips menentukan cat dinding rumah untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil menemukan warna untuk cat dinding Anda!

Facebook Comments
282 queries in 1.713 seconds.