10 TIPS DESTINASI LIBURAN AKHIR PEKAN DI KOTA BUKITTINGGI

DESTINASI LIBURAN

Pada masa pemerintahan darurat Republik Indonesia, Kota Bukittinggi pernah menjadi ibukota Negara Republik Indonesia.  Kota yang terletak di jajaran Bukit Barisan ini juga dikenal sebagai kota wisata yang berhawa sejuk.  Dengan menempuh jarak kurang lebih dua setengah jam dari Kota Padang, sepanjang perjalanan mata kita akan
dimanjakan dengan pemandangan indah hamparan deretan pengunungan.  Topografi kota Bukittinggi yang cantik ini memang di kelililingi oleh jajaran pegunungan, seperti gunung merapi dan gunung singgalang.

Ingin berlibur akhir pekan di Kota Bukittinggi? Mengapa tidak? Karena selain menawarkan destinasi wisata alam, tapi juga petualangan menyusuri jejak tokoh-tokoh sejarah pada masa perjuangan kemerdekaan karena ada berapa tokoh nasional berasal dari kota ini.  Berlibur di Kota Bukittinggi bisa juga dijadikan alternatif pilihan piknik yang murah meriah bersama keluarga di akhir pekan.  Bahkan beberapa tempat wisata di Kota Bukittinggi berada di lokasi yang berdekatan sehingga mudah mencapai beberapa destinasi wisata sekaligus di waktu liburan yang terbatas.

Berikut 10 tips destinasi pilihan yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk menikmati liburan akhir pekan di Kota Bukittinggi.

  • Wisata Jam Gadang.

    Sejak dahulu, kota ini sangat terkenal dengan Jam Gadangnya sehingga melekat sebagai ikon kota.  Setiap hari puluhan bahkan ratusan wisatawan mengunjungi tempat ini untuk melihat keindahan dan keunikan jam besar ini.  Jam Gadang berupa menara besar yang memiliki jam besar di keempat sisi atas menara tersebut, dan beratap rumah gadang yang merupakan ciri khas rumah adat Sumatera Barat. Memiliki pelataran luas sehingga sering dijadikan pusat kegiatan masyarakat.

6985840239_d5400f3860_z

  • Pasar Atas dan Pasar Bawah.

Pasar Atas atau penduduk setempat menyebutnya pasar Ateh berada dilokasi yang berdekatan dengan pelataran Jam Gadang dan merupakan pusat tempat penjualan beragam aksesoris.  Sedangkan pasar bawah adalah pasar tradisional berupa toko-toko kelontong dan sayur mayor.  Kedua pasar ini dihubungkan oleh puluhan anak tangga jenjang gadang

 

1838052475_f06f965ebc_z

  • Istana Bung Hatta.

Istana bersejarah ini hanya berjarak beberapa langkah dari Jam Gadang dan merupakan bangunan bersejarah karena saat Mohammad Hatta menjabat sebagai wakil presiden, bangunan ini menjadi istana wakil presiden.  Istana ini memiliki ciri bangunan utama berupa rumah gadang besar yang menjadi ciri khas rumah rakyat Minang.

2684346467_ef6a3d105b_z

  • Rumah Kelahiran Mohammad Hatta.

    Letaknya tidak terlalu jauh dari Pasar Ateh sehingga bisa di jangkau dengan berjalan kaki.

 

bung_hatta_house_in_bukittinggi_west_sumatra

  • Wisata Alam Ngarai Sianok.

    Letaknya tidak terlalu jauh dari Istana Bung Hatta, dan namanya sudah sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata alam di Pulau Sumatera dengan pemandangan lembah nan curam dengan patahan pegunungan yang menopang alam hijau dibawahnya.  Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

 

16493788648_8d60b5f595_z

  • Lubang Jepang.

Letaknya masih di area yang sama dengan Ngarai Sianok, dan dahulu adalah markas tentara jepang ketika menduduki Kota Bukittinggi.

2684346467_ef6a3d105b_z

  • Janjang Koto Gadang.

Janjang Koto gadang atau disebut juga jenjang 1000 kerap disebut Great Wall-nya Indonesia karena bentuknya menyerupai tembok China.

 

11849052094_82845dc77e_z

  • Wisata Kuliner Khas Kota Bukit Tinggi.

Suka wisata kuliner? Kota Bukittinggi juga menawarkan wisata kuliner yang dijamin mengoyang lidah dan bikin Anda ketagihan untuk kembali menikmatinya, diantaranya Gulai Itik Hijau yang terkenal dengan kelezatannya dengan bumbu-bumbunya yang khas.

 

11890167033_623b931817_z

  • Berkunjung ke sentra industri kerajinan bordir.

Kota Bukittinggi terkenal dengan Bordir Kerancang, yaitu bordir halus dengan lubang-lubang yang terbentuk dari jalinan benang bordir, biasanya disematkan pada baju kurung, mukena, baju koko, dan jilbab.

Bordir 003

  • Berburu souvenir dan cinderamata khas Kota Bukittinggi

Liburan rasanya tidak lengkap jika berburu souvenir khas Kota Bukittinggi  di Pasar Ateh berupa replika Jam Gadang dalam berbagai jenis, seperti gantungan kunci, ukiran kayu yang menyerupai bentuk Jam Gadang, dan lain-lain.

dgsfhsfhsd

 

Menghabiskan libur akhir pekan di Kota Bukittinggi terasa lengkap karena selain bisa memanjakan mata dan menghilangkan stress akibat pekerjaan yang menumpuk dengan menikmati pemandangan alam yang indah, juga bisa berwisata sejarah dan mengenal tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia melalui rumah bersejarahnya.  Dua hal yang bisa dilakukan pada libur akhir pekan di Bukittinggi tersebut dijamin bisa merefresh kembali pikiran kita untuk memulai aktivitas di hari-hari berikutnya.

Mari nikmati liburan Akhir Pekan di Kota Bukittinggi.

 

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Facebook Comments
282 queries in 0.895 seconds.