10 Cara Mudah dan Alami Membersihkan Dapur.

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan membersihkan dapur merupakan rutinitas yang harus dilakukan setiap hari agar dapur tetap terjaga kebersihannya. Dapur yang bersih dan higienis akan membuat kita nyaman melakukan aktivitas memasak untuk keluarga tercinta, dan menu makanan yang dibuat akan terjaga kebersihan serta nutrisinya. Saat ini banyak kita jumpai di pasaran produk-produk yang berfungsi untuk membersihkan dapur beserta peralatannya dan terbuat dari berbagai bahan kimia. Bahan kimia tersebut belum tentu baik untuk kesehatan, apalagi jika digunakan untuk membersihkan beragam alat-alat dapur yang digunakan untuk memasak setiap hari.

Untuk alasan tersebut, tidak ada salahnya jika kita menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan dapur. Selain untuk berjaga-jaga dari efek samping akibat bahan-bahan kimia yang terkandung dalam produk pembersih tersebut, juga untuk menciptakan dapur yang bersih, sehat, higienis, dan aman.

Berikut ini adalah 10 cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan dapur dengan menggunakan bahan-bahan alami dan aman bagi kesehatan.

Untuk membersihkan panci atau wajan yang sulit dibersihkan akibat noda kerak yang tertinggal cukup lama, bisa dilakukan dengan cara merebus air di dalam panci atau wajan tersebut dan tambahkan satu sendok the baking soda, diamkan selama 30 menit lalu cuci seperti biasa dengan spon kawat. Cara ini bisa digunakan untuk peralatan dapur yang berbahan dasar alumunium atau stainless steel.

1. Untuk menghilangkan lemak atau bau amis yang menempel pada berbagai peralatan dapur dan makan, maka gosoklah peralatan tersebut dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas peralatan tersebut dengan sabun seperti biasa.

2. Untuk menghilangkan bau pada kotak makanan plastik, bisa menggunakan garam atau biji kopi. Letakkan bahan ini dalam kotak tersebut tutup lalu diamkan beberapa saat, karena garam dan biji kopi terbukti ampuh menyerap bau tidak sedap pada kotak makanan tersebut.

3. Untuk membersihkan noda membandel pada peralatan makan seperti bekas teh, kopi, atau kunyit yang susah hilang, maka bisa digunakan cuka karena sifat asam yang terkandung dalam cuka ampuh menyamarkan warna yang pekat.

4. Untuk membersihkan blender atau food processor bisa dilakukan dengan cara memasukkan campuran air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring/beberapa tetes perasan jeruk lemon kedalamnya. Nyalakan blender atau food processor tersebut beberapa waktu, matikam, buang air tersebut, dan bilas seperti biasa.

5. Untuk membersihkan permukaan meja dapur dari noda lemak atau minyak, campurkan air dan cuka dengan proporsi perbandingan yang sama lalu gosok menggunakan lap khusus.

6. Untuk membersihkan saluran air yang mampet dan berbau tidak sedap, terutama di saluran bak pencuci piring, maka cukup lakukan sebagai berikut taburkan soda kue/baking soda ke dalam saluran pembuangan air lalu tuangkan cuka diatasnya.

7. Untuk membersihkan microwave, isi ½ mangkok tahan panas dengan campuran air dan perasan jeruk lemon, lalu masukkan kedalam microwave dan hidupkan microwave selama 3-5 menit, matikan dan diamkan selama 2 menit sebelum mangkok dikeluarkan, setelah itu bersihkan microwave dengan lap bersih sampai semua kotorannya terangkat.

8. Untuk menghilangkan bau dalam kulkas sekaligus mengharumkan kulkas, gunakan beberapa tetes vanilla essens lalu teteskan pada secarik kain katun. Masukkan kain katun tersebut pada kulkas yang sudah dibersihkan. Jika tidak memiliki persediaan vanilla essens, maka bisa diganti dengan jeruk lemon segar.

9. Untuk membersihkan kaca atau lantai dapur yang kotor akibat cipratan minyak yang menempel ketika selesai memasak, campurkan cuka dan cairan pencuci piring secukupnya, lalu gosok dan bersihkan lantai atau kaca tersebut seperti biasa.

Selain itu, untuk mengharumkan ruangan dapur bisa menggunakan cara mudah dan alami ini, ambil air perasan jeruk lemon dan beberapa butir cengkeh, rebus dengan air hingga mendidih dan berbau harum. Bau harum ini selain menyegarkan, mengharumkan ruangan dapur, juga berfungsi sebagai aromaterapi yang bisa membangkitkan perasaan nyaman dan bahagia ketika memasak atau membersihkan dapur.

 

 

 

 

Facebook Comments
283 queries in 1.464 seconds.