10 BENDA WAJIB UNTUK TIPS KESELAMATAN RUMAH ANDA

tips keamanan rumah anda

Rumah adalah tempat kita berkumpul bersama orang-orang yang kita sayangi, tempatuntuk berbagi cerita, menikmati hidup, dan beristirahat dengan nyaman.  Tidak heran jika sebagian orang mengisi rumah dengan berbagai macam peralatan untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan keluarga terdekat yang tinggal bersama kita.

Kenyataannya, rumah tidak selalu menjadi tempat yang aman meskipun sebagian besar pengembang rumah hunian telah berupaya untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan calon konsumennya.  Terkadang bahaya yang mengancam  keselamatan penghuni rumah justru berada di dalam rumah sendiri, dari perabotan yang kita beli, atau perilaku penghuni rumah yang tidak berhati-hati.

Karena itu kita perlu membuat list benda apa saja yang wajib dimiliki di rumah untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan seluruh penghuni rumah, karena terkadang sebuah rumah memiliki lebih satu satu anak yang berusia di bawah lima tahun yang masih gemar mengeksplorasi rumah sesuai tahapan tumbuh kembangnya. Berikut ada 10 benda yang wajib dimiliki untuk keselamatan rumah Anda dan untuk menhindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Berikut adalah tips keselamatan rumah anda :

1. Kotak P3K

Idealnya setiap rumah memiliki kotak P3K yang lengkap sebagai pertolongan pertama bagi para penghuni rumah ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan diusahakan secara rutin mengecek isi kotak P3K atau memperbaharui isinya serta memastikan tanggal kadaluarsa, seperti obat antiseptik, obat batuk, obat demam, obat gatal, oralit, balsem, obat cuci tangan tanpa air, plester luka, kasa steril, cotton bud, gunting kuku, kapas, dan lain-lain.

2. Tutup Stop Kontak

Umumnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi tanpa tahu resiko atau bahaya akibat tindakan tersebut.  Stop kontak seringkali menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi anak, karena itu segera tutup stop kontak listrik Anda untuk menghindari bahaya akibat sengatan listrik.

3. Alat Pemadam kebakaran ringan (Fire Extinguiser)

Tabung pemadam kebakaran sangat penting disediakan sebagai pertolongan pertama untuk menyelamatkan rumah dari kebakaran, letakkan di beberapa titik strategis seperti dapur, kamar tidur, dan tempat strategis lainnya.  Jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa dan pentunjuk pemakaiannya, dan segera isi ulang jika telah digunakan.

4. Lampu emergency dan senter

Dalam kondisi darurat biasanya listrik dipadamkan, pada saat itulah kita memerlukan kedua benda tersebut sebagai penerang manakala aliran listrik terputus.  Persiapkan juga lampu emergency yang mobile sehingga bisa dibawa kearea manapun, dan pastikan untuk mengecasnya kembali setelah dipakai agar baterainya tidak kosong.

5. Door Sensor

Biasanya alat ini dipasang dipintu dan mampu mendeteksi jika ada upaya untuk membuka paksa pintu.  Bunyi alarmnya akan membangunkan seisi rumah dan membuat si pencuri terkejut.

6. Glass Break Alarm

Alarm pada benda ini akan berbunyi apabila ada getaran disekitar jendela kaca, dan dapat dipasang pada jendela kaca atau pintu kaca rumah Anda.

7. Pendeteksi asap (Smoke Detector)

Merupakan alat yang dapat membantu mendeteksi asap yang berpotensi bisa menimbulkan bahaya kebakaran rumah.  Alarm smoke detector akan berbunyi dengan keras jika ada sumber asap yang berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran.

8. Carbonmonoksida Detector

Gas Karbonmonoksida merupakan gas yang berbahaya bagi manusia, gas ini juga tidak berwarna dan berbau sehingga keberadaannya sulit diketahui atau terlacak.  Dalam skala kecil gas yang terhirup akan menyebabkan mual dan pusing, namun apabila terhirup dalam jumlah yang besar makan bisa menyebabkan kerusakan otak atau bahkan kematian. Bahaya lainnya adalah gas sangat mudah terbakar.

9. Liquid Detector

Merupakan alat untuk mendeteksi kebocoran air dalam rumah, termasuk mendeteksi jika terjadi banjir yang akan masuk ke dalam rumah.

10. Rumah bebas dari VOC dan bahaya Timbal yang terkandung dalam cat

Kedua zat ini umumnya terkandung dalam bahan yang biasa dipergunakan untuk cat rumah.  VOC (Volatile Organic Compounds) mudah menguap dan sangat beracun, sedangkan jika dalam cat terkandung timbal meskipun hanya sedikit mengenai anak bisa menyebabkan gangguan kecerdasan dan perkembangan otak.  Penting bagi kita untuk mulai memilah dan memilih cat yang aman dan bebas dari kedua zat berbahaya tersebut, jika memungkinkan kita bisa menggunakan wallpaper sebagai alternatif yang cukup aman.

Saat ini perkembangan teknologi telah memungkinkan pembuatan dan penggunaan alat-alat yang dapat membantu sistem keselamatan rumah kita.  Namun penggunaan alat ini hanya sekedar membantu karena yang terpenting kita harus memiliki sikap dan perilaku yang antisipatif serta responsif karena kedua sikap ini penting untuk memaksimalkan keselamatan rumah dari bahaya-bahaya yang bisa terjadi kapan saja.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Facebook Comments
311 queries in 1.766 seconds.